Banjir Bandang Terjang Pusat Kota Trenggalek, Aktivitas Masyarakat Lumpuh

MUS • Tuesday, 18 Oct 2022 - 15:49 WIB

Trenggalek - Banjir bandang dengan ketinggian mencapai 1,75 meter merendam pusat kota Trenggalek, Jawa Timur, dan beberapa kecamatan lain menyebabkan ribuan orang mengungsi. Tidak saja pemukiman, fasilitas publik seperti rumah sakit dan perkantoran juga terimbas banjir di pusat kota. Bahkan pasien di RSUD Trenggalek harus dipindahkan ke rumah sakit lain karena genangan air di tempat tersebut masuk ke ruang perawatan.

Sekretaris BPBD Trenggalek Tri Puspita Sari di Trenggalek, mengatakan, sejauh ini belum ada laporan korban jiwa jiwa dalam bencana hidrometeorologi tersebut. Namun kerugian dampak banjir diperkirakan mencapai puluhan miliar mengingat banyaknya rumah yang terendam, infrastruktur rusak serta areal pertanian tertutup genangan air hingga menyerupai telaga.

" Banjir terparah terjadi di wilayah Kelurahan Tamanan dan Kelutan, kota Trenggalek," kata Tri Puspita Sari.

Selain Kecamatan Kota Trenggalek, banjir juga merendam sejumlah desa di Kecamatan Karangan, Gandusari dan Pogalan. Proses evakuasi sampai sore ini masih terus dilakukan oleh Basarnas bersama petugas gabungan TNI/Polri, Satpol PP serta ratusan relawan dari berbagai elemen masyarakat.

Kondisi cuaca yang cenderung basah membuat warga kembali was-was banjir susulan kembali memicu naiknya permukaan genangan air di wilayah pemukiman.

Dampak banjir juga menyebabkan arus lalu lintas dari dan menuju pusat kota putus total.
Banyak kendaraan dari arah Tulungagung, terutama angkutan umum, memilih berhenti dan parkir di pinggir jalan untuk menunggu banjir surut. (Her)