57.068 Keluarga di Sidoarjo Jadi Target Sasaran Gerakan 1000 HPK

MUS • Tuesday, 18 Oct 2022 - 13:29 WIB

Sidoarjo – Sebanyak 57.068 keluarga di Kabupaten Sidoarjo menjadi target sasaran gerakan penyebaran informasi pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Perwakilan BKKBN Provinsi Jatim bersama  Dinas P3AKB Kabupaten Sidoarjo bertekad untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten hingga ke zero stunting. 

Bertempat di Ruang Pertemuan Dinas P3AKB, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur Maria Ernawati, menyampaikan, stunting yang saat ini mengancam generasi Indonesia ke depan. Dimana masa 1000 HPK berperan penting untuk diperhatikan  dengan seksama, pada masa inilah anak berkembang secara optimal. Hal ini yang penting untuk diinformasikan kepada masyarakat.

"Stunting menjadi hal yang patut untuk dicermati, karena bisa mengancam generasi yang akan datang," ujar Maria Ernawati.

Ia menambahkan di Kabupaten Sidoarjo juga dilakukan penempelan sticker sosialisasi KIE yang dapat disampaikan oleh Tim Pendamping Keluarga. Dimana sticker digunakan sebagai pengingat supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terutama stunting pada baduta dan balita di Sidoarjo.

Pada Gerakan Penyebarluasan informasi pentingnya 1000 HPK dan balita ini juga merupakan wujud nyata upaya Perwakilan BKKBN provinsi Jawa Timur dalam percepatan penurunan Stunting. Gerakan ini dilakukan secara serempak oleh penyuluh KB, TPK, dan kader COE akan turun langsung ke keluarga berisiko stunting yang terdiri dari Keluarga Ibu Hamil, Keluarga Ibu Baduta, dan Keluarga Ibu Balita.

Dimana tiap Keluarga Berisiko Stunting yang menerima infomasi pentingnya 1000 HPK akan diberi dan dipasang stiker “Ayo Cegah Stunting dengan mengoptimalkan Pengasuhan 1000 HPK”.

Di tempat yang sama, Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Desy Mega Aditya, psikolog selaku Penata Kependudukan dan Keluarga Berencana ahli Muda memberikan motivasi kepada Penyuluh KB dan Tim Pendamping Keluarga dalam kegiatan pemberian informasi dan penempelan sticker pada kegiatan ini. (Her)