Rumah Perbarindo 2 Diresmikan : Wujudkan SDM BPR - BPRS Yang Berkualitas

ANP • Friday, 14 Oct 2022 - 19:07 WIB

JAKARTA - Perbarindo kembali mencatatkan sejarah manis. Setelah melalui kerja keras tanpa kenal lelah dan perjuangan pantang menyerah, kantor yang lebih dikenal dengan nama Rumah Perbarindo II (Perhimpunan Bank Rakyat Indonesia) diperkenalkan ke publik. Rumah Perbarindo II itu sendiri diperuntukkan sebagai kantor operasional PT Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Certif. 

“Dengan diresmikannya Rumah Perbarindo II ini membutktikan bahwa Perbarindo mampu merealisasikan program kerja, di antaranya adalah penguatan kelembagaan, baik di Perbarindo sendiri maupun di PT LSP Certif,” kata Ketua Umum Perbarindo Joko Suyanto, dalam sambutannya ketika meresmikan Rumah Perbarindo II, di kawasan Cempaka Putih, Jakarta, 5 Oktober 2022.

Sebagai asosiasi yang membawahi Bank Perkreditan Rakyat-Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPR-BPRS) yang merupakan usaha bank, tentunya  harus membangun kepercayaan (trust). Antara lain dengan memiliki sarana dan prasrana (infrastruktur) yang memadai. “Hasilnya, kini telah berdiri Rumah Perbarindo I dan Rumah Perbarindo II yang representatif,” tukasnya. 

Dalam proses transformasi, kata Joko, target utama Perbarindo lainnya adalah berhubungan dengan sertifikasi profesi yang merupakan mandatori dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Berhubungan dengan itu, Sumber Daya Manusia (SDM) harus dikembangkan. “SDM adalah modal atau ekuitas (equity) bagi BPR-BPRS untuk maju,” ujar Joko. 

Menurutnya, direksi, komisaris, dan pengurus BPR-BPRS harus memiliki kompetensi, keahlian, etos kerja dan keterampilan yang terukur dan dapat diukur melalui program sertifikasi profesi. Salah satu tolok ukur pengembangan dan mutu SDM adalah sertifikat profesi. Itu adalah alat yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah (scientific) dan akademis.

Dalam hal ini, menurut Joko, keberadaan Rumah Perbarindo II cukup signifikan. Khususnya sebagai daya dukung (support) terhadap program kerja unggulan BPR-BPRS. Yakni bagaimana industri ini mampu bangkit, tumbuh dan berkembang secara sehat. Mengingat hal itu, industri BPR-BPRS harus mampu mengembangkan SDM secara maksimum, optimal dan produktif. 

Sementara itu, I Nyoman Yudiarsa (Direktur PT LSP Certif) menyampaikan “Pada hari ini, kami sangat berbahagia dan bersyukur menyaksikan peresmian Rumah Perbarindo II yang didedikasikan sebagai kantor operasional PT LSP Certif,” dalam sambutannya, pada acara peresmian Rumah Perbarindo II, di Kawasan Cempaka Putih, Jakarta, 5 Oktober 2022 yang lalu.

Yudiarsa sangat bersyukur telah disiapkan Rumah Perbarindo II yang cukup representatif sebagai kantor operasional PT LSP Certif. Itu berarti, secara eksternal, bahwa PT LSP Certif harus meningkatkan pelayanan kepada industri BPR-BPRS. Sementara itu, secara internal, harus menjadi motivasi untuk melaksanakan tugas-tugas ke depan yang lebih baik. “Kami meminta doa restu dari semua pihak agar kantor ini dapat menjadi berkah sehingga ke depan menjadi lebih baik lagi,” ujarnya.

Ruang lingkup kegiatan sertifikasi oleh LSP Certif ada 3 (tiga), yakni BPR, BPRS, dan LKM yang tersebar secara nasional. Dalam perkembangannya, secara bertahap, sesuai dengan mandatori dari regulator perbankan, adalah mewajibkan semua jajaran direksi dan komisaris harus memiliki sertifikat kompetensi. “Oleh karena itu, kami bersama Perbarindo selaku lembaga pelatihan kerja, senantiasa bersinergi dalam rangka mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) secara keseluruhan di industri BPR - BPRS. Alhamdulillah, berkat dukungan dari semua pihak, proses sertifikasi profesi terus berjalan. Kami telah berkomitmen untuk terus mengembangkan SDM di industri BPR-BPRS melalui PT LSP Certif,” tuturnya.