Ada di Sekitar IKN Nusantara, ini 6 Destinasi Wisata Menarik untuk Dikunjungi

MUS • Thursday, 13 Oct 2022 - 12:19 WIB

Indonesia secara resmi akan memindahkan ibu kota Jakarta ke IKN Nusantara. Sejumlah lahan proyek IKN sendiri sudah disiapkan untuk pembangunan. Rencananya, proyek IKN akan diselesaikan di tahun 2045.

Salah satu daya tarik IKN adalah bentang alam dengan kebudayaan masyarakat Kalimantan Timur yang masih kental. Beberapa tempat wisata yang ada di sekitar IKN pun bisa Anda kunjungi mulai dari sekarang, kok. Jangan lupa pesan tiket pesawat dan pilih diantara daftar destinasi wisata di bawah ini untuk dikunjungi.

Sebelum berangkat, jangan lupa mempersiapkan berbagai kebutuhan wisata agar perjalanan lebih mudah. Biar hemat, bisa pesan tiket pesawat dan masuk wisata jauh-jauh hari di hari promo. Misalkan saja, dengan memesannya di Traveloka.

6 Destinasi Wisata Sekitar IKN Nusantara

1. Bukit Bangkirai

Bukit Bingkarai adalah salah satu kawasan wisata dengan hutan tropis dan berbagai habitat hewan di dalamnya.

Dinamakan Bukit Bingkarai sebab di dalamnya terdapat berbagai Pohon Bingkarai dengan ketinggian mencapai 50 meter. Hebatnya lagi, usia pohon-pohon tersebut sudah menyentuh umur 150 tahun.

Daya tarik lain Bukit Bingkarai adalah adanya Canopy Bridge atau jembatan gantung di bagian tengah hutan. Ketinggian jembatan tersebut mencapai 40 meter dengan panjang jembatan sekitar 64 meter.

Di kawasan hutan Bukit Bingkarai juga terdapat fasilitas seru seperti Wall Climbing, Swing Line, Flying Fox dan Jembatan Jaring.

2. Titik Nol IKN Nusantara

Titik Nol IKN mulai menyedot perhatian publik sejak tanggal 14 Maret 2022. Titik ini adalah penanda pusat ibu kota baru nantinya.

Hingga sekarang, Titik Nol sudah berubah pusat sebagai objek wisata bagi masyarakat di sekitar. Di hari libur, lokasi pasti dipadati oleh pengunjung.

Agar bisa sampai di titik Nol, pengunjung harus menuruni puluhan anak tangga terlebih dahulu yang berbentuk setengah lingkaran.

Di sekitar lokasi terdapat pendapa luas dengan ornamen khas kalimantan yang selalu ramai dikunjungi pengunjung. Wisatawan bisa melepas lelah serta berfoto ria sambil menikmati hawa sejuk pohon pinus.

3. Desa Budaya Pampang

Dari ibukota Provinsi Kalimantan Timur, Desa Budaya Pampang adalah desa adat yang paling mudah diakses.

Desa ini berlokasi tepat di pinggir Kota Samarinda dan dekat dengan Bandara APT Pranoto Samarinda.

Daya tarik Desa Budaya Pampang ada pada pentas seni tarian tradisional suku dayak kenyah. Tak hanya wisatawan dalam negeri, wisatawan mancanegara juga datang ke desa ini.

Sambil menikmati pertunjukan, Anda juga bisa melihat indahnya Sungai Pampang yang dapat diakses 1,5 jam dari Lamin Utama Desa Pampang.

Sungai ini bermuara pada tiga air terjun dengan banyak mata air serta kolam yang besar.

4. Desa Wisata Mentawir

Berlokasi di Penajam Utara, Desa Wisata Mentawir sangat dekat dengan ibu kota baru. Statusnya sebagai desa wisata membuatnya ramai didatangi pelancong, baik di hari biasa dan tanggal merah.

Mentawir sendiri punya potensi wisata bahari yang besar, membuatnya dijadikan desa wisata oleh pemerintah. Kemenparekraf lah yang membentuk Mentawir menjadi destinasi kunjungan baru.

Adanya Hutan Mangrove dan hutan bambu yang lebat membuat desa ini jadi hidden gems di tengah panasnya udara kalimantan.

Tak hanya wisata, pengunjung bisa membawa pulang oleh-oleh kerajinan tangan yang terbuat dari bambu. Kerajinan ini juga dipasarkan secara online lewat berbagai e-commerce.

5. Pantai Tanah Merah

Di Tanjung Harapan, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, ada sebuah pantai indah bernama Tanah Merah. Meski begitu, pantai ini memiliki pasir putih dengan pohon cemara yang tumbuh di sepanjang pesisir.

Tanah pantai terbilang landai dengan panjang menuju bibir pantai sekitar 800 meter. Bagi Anda yang suka berkemah, Pantai Tanah Merah adalah pilihan yang tepat sebab ukurannya yang sangat luas.

Tak hanya kemah, Anda sangat mungkin memancing ikan, udang serta kepiting di sini. Menikmati kuliner pun jadi semakin tenang dengan suasana pantai yang terbilang masih asri.

Enaknya lagi, kedalaman pantai masih relatif dangkal, hanya 300 meter dari bibir pantai. Anda pun bisa berenang dengan perasaan lebih aman.

6. Kebun Raya Balikpapan

Tak jauh dari IKN, terdapat Kebun Raya Balikpapan yang jaraknya sekitar 15 km. Menuju lokasi kebun Raya Balikpapan memerlukan waktu tempuh sekitar 45 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Kebun Raya Balikpapan merupakan Konservasi Tumbuhan Kayu dengan lebih dari 1200 spesies dilindungi. Ada juga rumah anggrek dengan lebih dari 200 jenis.

Di bagian tengah kebun ini terdapat Embung Wain yang berfungsi menampung air hujan dan menambah keindahan.

Melihat banyaknya potensi IKN Nusantara sebagai ibu kota baru dengan beberapa tempat wisata indah, rasanya pembangunan di IKN patut untuk ditunggu.

Salah satu dari destinasi wisata di atas bisa dijadikan referensi bagi Anda untuk dikunjungi di akhir pekan.

Sedikit tips, Anda bisa pesan tiket pesawat jauh-jauh hari di event promo untuk mendapatkan harga termurah! (Fan)