Halloween Ends: Berakhirnya Eksistensi Pembunuh Bertopeng Legendaris

MUS • Wednesday, 12 Oct 2022 - 16:34 WIB

Genre: Horor Slasher, Thriller
Sutradara: David Gordon Green
Production: Universal Pictures
Pemeran: Jamie Lee Curtis, Andi Matichak, Rohan Campbell, Will Patton, Kyle Richards, James Jude Courtney
Durasi: 111 Menit
Mulai Tayang: 12 Oktober 2022

Halloween Ends merupakan adaptasi dari karakter yang muncul dalam film horor waralaba Halloween 1978 karya John Carpenter dan Debra Hill. 

Karakter pembunuh legendaris ini adalah Michael Myers (James Jude Courtney) yang merupakan pembunuh kejam di kota Haddonfield. Dia berkeliling membunuh orang-orang di malam Halloween yang menjadi judul dari series film ini.

Halloween Ends masih merupakan film horor slasher yang menyajikan adegan pembunuhan kejam dengan nuansa berdarah-darah yang cukup menyeramkan. Meski demikian, untuk penggemar film dengan genre tersebut, adegan pembunuhan yang disajikan dalam film ini tentu saja sangat memuaskan.

Film dibuka dengan ketegangan penduduk kota Haddonfield yang masih ketakutan akibat Michael Myers yang belum diketahui keberadaannya dikejutkan dengan pembunuhan seorang anak oleh pengasuhnya, Corey (Rohan Campbell). Corey tak ditahan karena kurangnya bukti, tapi penduduk Haddonfield mengucilkannya.

Laura Strode (Jamie Lee Curtis) menemukan Corey yang sedang dirundung oleh remaja lain. Ia lalu menyelamatkan Corey, sekaligus memperkenalkannya dengan cucunya, Allyson (Andi Matichak). Keduanya pun mulai dekat. Laura yang masih trauma sebagai seorang penyintas menemukan bahwa Corey memiliki suatu aura yang mirip dengan Michael Myers. 

Laura mulai menjaga Allyson agar tidak terlalu dekat dengan Corey. Namun ternyata Allyson dan Corey memiliki ketertarikan yang sama kuatnya, dan mereka berdua menyimpan rahasia untuk menghabisi seluruh orang-orang di kota Haddonfield yang membuat mereka marah.

Meski banyak karakter tambahan pada series Halloween Ends, fokus cerita tetap pada kehidupan Laura Strode yang hidup bersama cucunya, Allyson setelah 4 tahun Laurie dan Allyson berhasil selamat dari pembunuhan brutal yang dilancarkan Michael Myers. Ini yang menarik dari film Halloween Ends karena memakai pemain yang sama untuk karakter yang juga sama.

Estetika sinematografi sekaligus backsound yang mengambil referensi dari film pertamanya membuat hubungan antar film terasa berkelanjutan. Dalam film ini, adegan  berdarah-darah khas film horor slasher sangat ditonjolkan, begitu pula jumpscare yang datang secara tiba-tiba cukup membuat deg-degan dan penasaran.

Uniknya, dalam Halloween Ends, penonton tidak lagi marah terhadap pelaku pembunuhan dan bersimpati terhadap korban. Sebaliknya, penonton tak lagi peduli terhadap korban, bahkan cenderung mendukung pembantaian yang terjadi pada sebagian karakter.

Secara total, Halloween telah dikembangkan menjadi 13 film sejak kemunculan pertamanya pada tahun 1978, mengenai pembunuh brutal bertopeng di malam Halloween yang tidak bisa mati dan merasakan sakit meski ditusuk berkali-kali. 

Film Halloween (2018) yang menjadi awal trilogi merupakan sekuel langsung dari film pertamanya. Dan film Halloween Ends adalah akhir dari rangkaian trilogi tersebut. Mempertemukan kembali penonton terhadap Laura Strode dan cucunya, Allyson, serta penduduk Haddonfield yang masih trauma terhadap pembunuh berantai Michael Myers.

Bagi penggemar seri Halloween, atau mungkin penggemar film horor slasher pada umumnya, Halloween Ends bisa menjadi pilihan yang tepat untuk ditonton dengan banyak adegan menegangkan sekaligus menyenangkan untuk dilihat dalam satu waktu. Halloween Ends mulai tayang di Indonesia 12 Oktober 2022. (AYN)