Cermati Perkembangan Politik Nasional, PKS Tunggu Keputusan Majelis Syuro

MUS • Monday, 10 Oct 2022 - 20:49 WIB

Jakarta - Sekjen DPP PKS, Aboe Bakar Alhabsy mengatakan PKS terus mencermati perkembangan politik nasional.

Hal tersebut disampaikan Anggota Komisi III DPR RI tersebut dalam acara Political Update yang diselenggarakan DPP PKS di Hotel Bidakara, Senin, (10/10).

Seluruh langkah politik yang diambil partai lain, kata pria yang akrab disapa Habib Aboe ini, dalam pencapresan akan diberikan atensi dan hormati sepenuhnya.

“Untuk PKS sendiri saat ini belum ada rencana untuk mendeklarasikan salah satu tokoh sebagai capres yang akan diusung di pemilu 2024,” ujarnya.

Kewenangan pencapresan di PKS, lanjut Habib Aboe, sesuai ketentuan AD ART pasal 18 ayat 2 huruf a merupakan kewenangan Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP).

“Sedangkan hasil sidang DPTP memutuskan pencapresan akan disampaikan berdasarkan hasil musyawarah Majelis Syuro. Oleh karenanya, kita akan menunggu dan mengikuti proses tersebut,” jelas Habib Aboe.

PKS, katanya, memiliki konsen yang tinggi dalam menyiapkan diri untuk menghadapi pilpres 2024, namun pihaknya memilih langkah untuk tidak terlalu terburu-buru mendeklarasikan calon presiden yang akan diusung.

“Konsolidasi struktural terus dilakukan secara berkala untuk menyerap aspirasi internal PKS maupun menyiapkan mesin politik PKS dalam menyongsong pilpres mendatang,” ujarnya.

Salah satu kegiatan konsolidasi tersebut, imbuhnya, adalah political update yang sudah dua kali digelar.

“Ini adalah forum se-level Rapimnas untuk mendiskusikan situasi perkembangan politik nasional termasuk soal pencapresan,” tutup Aboe.