Dies Natalis Ke-40, PNJ Wisuda 1897 Mahasiswa

ANP • Sunday, 9 Oct 2022 - 15:51 WIB

BOGOR – Telah terlaksana Sidang Terbuka Senat Akademik Politeknik Negeri Jakarta dengan agenda Dies Natalis PNJ Ke-40 dan Wisuda Politeknik Negeri Jakarta Ke-38: Program Magister Terapan, Program Sarjana Terapan, dan Program Diploma, Tahun Akademik 2021/2022 dengan mengusung tema Excellence and Curiosity yang dilaksanakan secara offline bertempat di Sentul International Convention Center.

Pada Wisuda Tahun Akademik 2021/2022 hari ini, Politeknik Negeri Jakarta mewisuda lulusan, berjumlah 1.897 orang, terdiri dari 947 wisudawan dan 950 wisudawati dengan rincian wisudawan/wisudawati pada setiap jurusan, sebagai berikut:

No. Jurusan Jumlah Persentase

 1 Program Magister Terapan 23 1

2 Jurusan Teknik Sipil 168 9

3 Jurusan Teknik Mesin 361 19

4 JurusanTeknik Elektro 346 18

5 Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan 246 13

6 Jurusan Akuntansi 335 18

7 Jurusan Administrasi Niaga 259 14

8 Jurusan Teknik Informatika dan Komputer 159

Total 1.897 100

Dari data tersebut dapat diketahui bahwa untuk bidang Teknik, lulusan terbanyak adalah lulusan dari Jurusan Teknik Mesin, sementara untuk bidang rekayasa, lulusan terbanyak dari Jurusan Akuntansi.

Keseluruhan wisudawan dan wisudawati terdapat 164 orang (8,76%) merupakan lulusan program kerja sama Pendidikan, yakni kerja sama dengan (i) PT Badak LNG, (ii) PT Solusi Bangun Indonesia, (iii) PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk., (iv) CCIT Fakultas Teknik Universitas Indonesia, (v) Management and Science University, Malaysia, dan (vi) Sekolah Tinggi Teknologi Jakarta. 

Sementara itu, hingga Wisuda PNJ ke-38 hari ini, Politeknik Negeri Jakarta telah meluluskan 42.052 orang, terdiri dari 26.669 lulusan bidang rekayasa dan 15.363 lulusan bidang tata niaga. 

“Dengan penuh rasa bangga kami sampaikan bahwa dari keseluruhan lulusan terdata 922 orang (49%) dengan predikat cum laude. Seluruh Jajaran Pimpinan Politeknik Negeri Jakarta menyampaikan selamat atas keberhasilan para wisudawan dan wisudawati Tahun Ajaran 2021/202 yang telah menyelesaikan studi. Teruslah, Saudara belajar, berkarya dan berprestasi gemilang” ujar Dr. sc. H. Zainal Nur Arifin, Dipl-Ing., HTL, MT. selaku Direktur PNJ dalam sambutannya. 

Lebih lanjut, Direktur PNJ menyampaikan bahwa bagi Politeknik Negeri Jakarta, di tengah kondisi kurang menentu (disruption era) ini,  dapat mewisuda mahasiswa Program Diploma, Program Sarjana Terapan, dan Program Magister Terapan merupakan capaian dan prestasi, dari proses panjang pendidikan yang telah kami berikan baik secara online maupun offline. 

“Upacara wisuda ini bukanlah akhir perjuangan Saudara, melainkan merupakan langkah awa menuju kehidupan masa depan, dengan bekerja, berwirausahan, atau melanjutkan studi.  Oleh karena itu, pada kesempatan ini, saat Wisuda, juga saat PNJ melepas Saudara, izinkan saya berpesan bahwa Saudara harus selalu (i) tekun, (ii) fokus, (iii) berbakti pada orang tua, dan (iv) selalu bersemangat. Empat hal yang merupakan resep kesuksesan tersebut sering disampaikan oleh para motivator dan orang-orang yang telah sukses sebagai kiat untuk menggapai keberhasilan.” Pesan Direktur PNJ kepada wisudawan dalam penutup sambutannya.

Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A selaku Menparekraf RI memberi sambutan virtual. Ia memberi selamat kepada para wisudawan dan wisudawati PNJ yang turut membangun bangsa melalui pendidikan vokasi yang siap kerja. “Saya titipkan pesan agar para wisudawan dan wisudawati PNJ untuk menjadi generasi 3G : Gercep, Geber, dan Gaspol dalam membangun Indonesia kedepannya. Sukses buat semua,” ucap Sandiaga Uno. 

Acara ini secara istimewa turut mengundang 2 (dua) narasumber untuk memberikan orasi ilmiah. Kedua orang tersebut adalah Dirjen Vokasi Kemendibudristek, Kiki Yulianti; dan Direktur Human Capital PT Wijaya Karya hadhar Seti Adji. Hadir pula wakil Kepal Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Purwosusilo yang dalam hal ini mewakili gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.