LucyDream Gallery Wadah untuk Seniman Indonesia 

MUS • Thursday, 6 Oct 2022 - 14:57 WIB

Bali – LucyDream Gallery (LDG) adalah sebuah galeri seni yang berdomisili di Seminyak, Bali, yang berdiri pada Januari 2022. LDG merupakan sebuah wadah yang memanfaatkan teknologi untuk seniman-seniman di mana mereka dapat memamerkan karya seni mereka, mendapatkan sorotan mereka secara global, dan membuat karya seni mereka dihargai, dengan tujuan untuk mendukung program sosial LDG yang disebut ‘Seeds for A Child’ (‘SfAC’). 

‘SfAC’ adalah program sosial yang bertujuan untuk mendukung anak-anak mewujudkan mimpinya melalui berbagai program keahlian yang kami berikan. Mereka akan mampu mengembangkan diri dan keterampilannya, tidak hanya menjadi pribadi yang hebat di masa depan, tetapi juga menjadi anak-anak yang percaya pada mimpinya dan mengejar mimpinya.

Sebagai platform yang didedikasikan untuk seniman, LDG mendukung seniman dengan memberikan mereka eksposur penuh melalui sumber daya yang tersedia. Dengan ini, LDG membuat konten untuk mereka, serta mendukung manajemen mereka untuk menjual karya seni mereka melalui situs web dan platform LDG seperti Instagram, YouTube, dan Twitter.

Seniman-seniman ini akan mendapatkan lebih banyak pengetahuan untuk mengidentifikasi promosi mereka melalui pemasaran digital dan menggunakan lebih banyak teknologi agar dapat terekspos sepenuhnya melalui acara yang diadakan oleh LDG.

Secara tidak langsung, seniman-seniman yang terlibat dengan LDG berkesempatan untuk mendukung program sosial yang LDG jalankan yang bernama ‘SfAC’ dan pastinya orang-orang kreatif ini mengembangkan diri mereka sendiri.

Seniman manapun boleh memamerkan karya seni mereka lewat LDG, karena LDG tidak memungut biaya dan LDG lah yang mendukung para seniman tersebut dalam segi pemasaran.

Maka dari itu, LDG mengakomodir semua yang dibutuhkan oleh seniman untuk kebutuhan eksposur. Yang penting seniman tersebut wajib mempunyai minimal 5 karya orisinil yang siap untuk dipamerkan. 

Tentunya banyak keuntungan lainnya yang didapatkan oleh seniman-seniman yang bergabung dengan LDG. Selain mendapatkan eksposur melalui digital platform LDG, para seniman juga bergabung dengan komunitas seniman yang LDG sudah ciptakan untuk memperluas jaringan mereka.

Selain itu, mereka mendapatkan kesempatan untuk memberikan pengaruh sosial yang besar terhadap komunitas lokal. Alhasil, mereka akan terekspos tidak hanya dari karya tapi dari pribadi mereka sendiri terhadap komunitasnya. 

LDG rutin mengadakan pameran untuk bertemu dengan seniman baru dan memberikan eksposur lebih untuk seniman-seniman yang terlibat dengannya. Dalam waktu dekat LDG akan mengadakan Fashion Show yang akan melibatkan beberapa seniman dan seorang fashion designer. Acara ini akan diadakan di Seminyak, Bali, awal bulan Desember 2022. 

Walaupun sekarang LDG fokus mengadakan banyak pameran di sekitar Bali, tidak menutup kemungkinan untuk ekspansi ke kota lain seperti Jakarta di masa depan. Karena beberapa seniman yang sudah bergabung dengan LDG berasal dari luar Bali, seperti Yogyakarta dan Jakarta. (Fan)