Bersama Wakaferse, Dompet Dhuafa Ajak Seluruh Stakeholder Tingkatkan Peran Wakaf di Masyarakat

MUS • Wednesday, 5 Oct 2022 - 13:51 WIB

Jakarta - Indonesia merupakan negara dengan keindahan alam nomor satu di dunia, bahkan mengalahkan Selandia Baru. Related dengan itu, maka Dompet Dhuafa mengangkat Wakaferse. Konteksnya adalah bahwa wakaf di Indonesia begitu luas dan harus dijaga keindahannya. Ini juga menjadi bagian dari rasa syukur kita terhadap Allah yang menciptakan alam semesta yang indah.  

"Wakaferse itu berasal dari kata wakaf dan universe, yang berarti semesta berwakaf. Yang mana artinya seluruh orang dapat dan mudah untuk berwakaf. Yuk! Mari kita bumikan wakaf di alam Indonesia ini khususnya, juga dunia umumnya," ungkap Sulis selaku Ketua Wakaferse.

Selain itu Sulis juga menekankan peran KUA (Kantor Urusan Agama) agar terus meningkatkan sosialisasi dan berperan aktif dalam gerakan berwakaf bagi masyarakat. Selain sebagai nadzir dalam pengelolaan wakaf, KUA juga sebagai PPAIW (Pegawai Pencatat Akta Ikrar Wakaf) bagi wakif yang berkeinginan mewakafkan hartanya.

Peran KUA sebagai PPAIW dalam penyelenggaraan pendaftaran tanah wakaf berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Selanjutnya, Ketua Wakafers tersebut menambahkan bahwa campaign Wakaferse akan berlangsung selama 2 (dua) bulan ke depan.  Yaitu dari bulan Oktober hingga dengan November. Ia juga menegaskan bahwa program Wakaferse ini tidak hanya di Indonesia melainkan juga secara internasional.

Salah satu yang dijalankan pada program Wakaferse adalah Dompet Dhuafa Farm.  Di mana bukan hanya para umat yang menerima manfaat, para wakif pun mendapatkan manfaatnya. 

“Dengan berwakaf di Dompet Dhuafa Farm dengan nominal 18 juta, sang wakif secara gratis juga berkurban kambing selama 10 tahun dari Dompet Dhuafa Farm,” sebutnya.

Tentang Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 29 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR. (Fan)