Penerapan One Man One Ticket dan Kewajiban Tap In-Tap Out di Seluruh Layanan TransJakarta, MRT dan LRT

MUS • Tuesday, 4 Oct 2022 - 18:21 WIB

Jakarta - Mulai hari ini, Selasa (4/10/2022), PT JakLingko Indonesia bersama Transjakarta, MRT Jakarta dan LRT Jakarta telah melakukan penerapan proses bisnis baru yaitu One Man One Ticket dan kewajiban Tap In dan Tap Out bagi seluruh penumpang yang akan melakukan perjalanan dengan menggunakan layanan tersebut. 

Proses bisnis baru ini ditujukan agar Operator dan Pemerintah DKIJakarta dapat mengelola data perjalanan penumpang yang lebih akurat sehingga dapat membuat kebijakan transportasi yang lebih memudahkan masyarakat.

Atas penerapan proses bisnis baru ini, baik PT JakLingko Indonesia maupun pihak Operator telah mensosialisasikan melalui pelatihan maupun menyebarkan buku panduan kepada 4.232 petugas halte maupun stasiun dan untuk penumpang melalui channel media sosial maupun media cetak yang berada di halte atau stasiun.

Terkait dengan sosialisasi ini baik dari PT JakLingko Indonesia maupun Operator akan terus ditingkatkan. Lebih lanjut, agar rekan-rekan wartawan dapat membantu untuk menyebarluaskan penerapan proses bisnis baru ini. Apabila penumpang mengalami keadaan kartu terblokir pada saat ingin masuk kedalam halte atau stasiun. 

Maka dapat melakukan langkah-langkah berikut:

1. Pastikan setiap perjalanan untuk tap in - tap out
2. Jika perjalanan sebelumnya tidak melakukan tap out, maka kartu akan menunjukkan pesanerror “Kartu telah digunakan, Silahkan gunakan kartu lainnya”, maka dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

- Reset kartu (MRTJ, dan LRTJ dilakukan pada loket; Transjakarta melakukan tap in 2 kali pada Reader).
- Pastikan saldo di kartu mencukupi sesuai dengan harga tiket perjalanan penumpangberikutnya.
- Untuk membuka blokir, akan dipotong biaya perjalanan terjauh sebelumnya padakartu penumpang. Manfaat lain untuk masyarakat adalah dapat menikmati Tarif Integrasi melalui Kartu Uang Elektronik sebesar maksimal Rp. 10.000,
- Selama 3 jam untuk perjalanan multimoda (Transjakarta, MRT Jakartadan LRT Jakarta). 

Kepada para pengguna mohon maaf atas ketidaknyamanannya. 
Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:
PT JakLingko Indonesia Corporate Secretary email: corsec@jaklingkoindonesia.com | kevin.haikal@jaklingkoindonesia.com ; 0821-1068-7487
Web: jaklingkoindonesia.co.id| Facebook: JakLingko Indonesia | Instagram:@jaklingkoindonesiaYoutube: JakLingko Indonesia. (Fan)