Lomba Inovasi Menu Pangan Lokal Digelar DPD PDIP Jabar, Cari Sumber Karbohidrat Non Beras

FAZ • Monday, 3 Oct 2022 - 06:19 WIB

Jakarta - DPD PDI Perjuangan Jabar gelar lomba inovasi menu makanan berbasis pangan lokal, Minggu (2/10/2022) di Kiara Artha Park, Bandung.

Sejumlah kreasi menu makanan lokal dari berbagai kota/kabupaten se-Jabar tersaji di sana.

"Acara ini sebelumnya dilaksanakan lomba di tingkat kabupaten/kota se-Jabar. Dan pemenangan 1, 2, dan 3 kami lombakan hari ini. Menu yang kami lombakan ialah makanan yang miliki sumber karbohidrat non beras dan non gandum," kata Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar, Ono Surono.

Menurutnya, saat ini ada ancaman resesi dunia terkait krisis pangan dunia hingga terjadinya inflasi di berbagai negara termasuk Indonesia.

Bahkan, katanya, beras ini merupakan sumber pangan dengan peringkat pertama penyumbang kemiskinan di Indonesia.

"Sekitar 75 persen yang mempengaruhi kemiskinan (Indonesia) adalah bahan makanan dan peringkat pertamanya itu beras. Lalu, beras juga miliki sumber gula yang banyak hingga sebabkan penyakit gula dan harus dikurangi," ujarnya.

Potensi karbohidrat di Indonesia, lanjut Ono Surono sangat besar dan telah disiapkan leluhur berdasar kearifan lokal, seperti di timur ada sagu, singkong, dan umbian. Lalu, di Jawa ada talas, sukung, pisang, hanjeli, porang, dan lainnya.

"Tentunya makanan-makanan itu harus menjadi pangan pengganti yang punya kadar karbohidrat untuk kita tak tergantung pada beras. Jadi, (acara) ini persiapan kami semua berjaga-jaga ketika adanya krisis global," ucapnya.

Tak hanya berkreasi menu pangan lokal, dalam kegiatan itu, kata Ono, hadir pula masakan bayi di bawah usia dua tahun. Hal itu karena saat ini angka stunting termasuk di Jabar cukup tinggi.

"Dari 100 anak, 24 anak itu terindikasi stunting alias gagal tumbuh karena asupan gizinya rendah dan tak seimbang. Padahal, data BPS pada 2030, Indonesia itu akan terjadi bonus demografi, sehingga jika tidak dipersiapkan dari sekarang justru bisa menjadi ancaman. Jadi, kami (PDIP) ingin para kadernya paham sekaligus berikan edukasi ke masyarakat terkait makanan-makanan pencegah stunting berbasis pangan lokal," katanya.

Pada kesempatan itu, hadir pula pejabat daerah dari Partai PDI Perjuangan, seperti Hengky Kurniawan (Plt Bupati Bandung Barat), Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, Wakil Bupati Majalengka, Tarsono Mardiana, hingga ada anggota DPR RI dari Dapil Bogor, Adian Napitupulu.