DPMTSP dan BI Perwakilan Sumut Petakan 57 Proyek Potensial

MUS • Thursday, 29 Sep 2022 - 17:20 WIB

Medan - North Sumatra Invest (NSI) Day yang masuk tahun kedua menargetkan bisa menghubungkan seluruh potensi investasi Sumatra Utara (Sumut) dengan calon investor. Untuk menarik investor, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Sumut dan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumut telah memetakan 57 proyek potensial yang sudah teridentifikasi. Proyek ini merata di seluruh kabupaten/kota di Sumut.

"Karena kita memang tidak menargetkan nilai investigasi pada NSI Day tahun ini. Target utama adalah para calon investor bisa terhubung dengan proyek-proyek yang sudah kita petakan," kata Kepala BI Perwakilan Sumut, Doddy Zulverdi, pada acara NSI Day, di Hotel Adi Mulia, Medan, Rabu (28/9/2022).

Doddy mengatakan, 57 proyek yang tersebar dii seluruh kabupaten/kota di Sumut ini menawarkan investasi yang bergerak di sektor unggulan Sumut.

"Pemetaan 57 proyek potensial ini sesuai dengan program NSI tahun ini. Proyek inilah yang ditawarkan ke calon investor. Nanti kita akan kejar supaya benar-benar menjadi proyek yang siap untuk ditawarkan. Tentu kita tidak mau proyek yang kita tawarkan proyek yang masih kasar, masih belum jelas. Jadi harus benar-benar proyek yang ready to offer," kata Doddy.

Dikatakan Doddy, NSI Day ini bukan hanya mengundang investor yang ada di Sumut, juga ada nasabah perbankan yang besar, kemudian para Konsul Jendral di Medan. BI juga memanfaatkan kantor BI di lima negara, sehingga ikut menghubungi berbagai investor potensial di negara masing-masing. Pada NSI Day, para investor tersebut terhubung secara online.

"Jadi NSI Day ini tidak hanya sekadar ajang promosi, tetapi juga disertai dengan langkah konkrit. Kami juga menyediakan one on one meeting, baik secara luring mau pun daring antara pemilik proyek dengan calon nvestor. Setelah ini kami akan pantau. Kami akan komunikasi dengan pemlik proyek apa yang sudah mereka dapatkan, apakah ada semacam rencana tindak lanjut, nah itu nanti kami akan terus monitor," kata Doddy.

Sementara itu, BI sendiri bersama DPMTSP Sumut sudah memetakan sembilan proyek yang sudah siap untuk ditawarkan ke investor. Sembilan proyek ini sudah berjalan, yakni Toba Caldera Resort, KEK Sei Mangkei, Kawasan Industri Kuala Tanjung, Kawasan Industri Medan, Sport Center, Rumah Susun di Sei Mangkei, Kota Bandara, Kereta Api Siantar-Parapat dan LRT Mebidang. (Har)