Album Baru Efek Rumah Kaca Akan Ada Nuansa HipHop

ITK • Thursday, 29 Sep 2022 - 14:10 WIB

Jakarta - Band asal Jakarta Efek Rumah Kaca kini sedang mempersiapkan album ke-empatnya yang direncanakan akan rilis di akhir tahun ini.

Disampaikan pada acara "Ngobrol Bareng" Trijaya FM di ulang tahun Trijaya yang ke-32, sang vokalis, Cholil, mengungkapkan mereka sedang mempersiapkan materi dengan jarak jauh bersama dengan personil lainnya yaitu Poppie, Akbar dan Reza yang berada di Indonesia karena ia sebenarnya kini sedang berdiam di New York, Amerika.

Menariknya di album ke-empat ini ada rencana untuk menjelajah ke jenis musik lain.
"Untuk album baru ini kita ada rencana untuk mengembangkan musik Efek Rumah Kaca dengan adanya kolaborasi bersama musisi hiphop dan rap di sebagian lagu." ungkap Cholil.

"Nantinya akan ada lirik-lirik yang dibawakan secara rap dalam materi baru Efek Rumah Kaca, tapi bukan saya ya yang nge-rap." tambahnya lagi.

Album full ini rencananya akan berisi sekitar 10 lagu yang berisi tentang berbagai macam kritikan terhadap apa yang sudah dan sedang terjadi. Disebutkan juga oleh Cholil secara konseptual dari kesepuluh lagu tersebut setiap lagu akan ada kaitannya dengan lagu lainnya satu sama lain.

Ditanya sejauh mana pengerjaan album baru Efek Rumah Kaca, Cholil kembali menambahkan, "Sejauh ini masih ada sekitar 6 lagu lagi yang belum diisi vokal karena liriknya juga masih dalam pengerjaan."

Sebelumnya untuk mengawali album ke-empat, di tanggal 9 September 2022 lalu Efek Rumah Kaca merilis single pertama mereka yang berjudul "Heroik". Lagu yang berisi kritikan terhadap pejabat ataupun publik figur yang seolah-olah melakukan sesuatu yang baik demi pamrih terselubung. Lagu ini dibuat bersama-sama oleh semua personil yaitu Cholil (vokal), Akbar (drum), Popie (bas) bahkan Reza (keyboad) yang juga baru saja resmi bergabung. Single "Heroik" sudah bisa didengarkan di seluruh platform musik digital.

Ketinggalan perbincangan seru bersama dengan Efek Rumah Kaca? Langsung klik tautan di bawah ini untuk juga bisa menyaksikan mereka membawakan single "Heroik" dan juga "Di Udara" di perayaan Ulang Tahun Trijaya FM. (*ITK)