PMI dan ICRC Kembali Gelar Operasi Katarak dan Pembagian Kacamata Gratis di Manokwari Selatan 

MUS • Wednesday, 28 Sep 2022 - 09:36 WIB

Manokwari - Sebagai salah satu upaya untuk membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan katarak di Indonesia, Palang Merah Indonesia (PMI) bersama dengan ICRC melaksanakan kegiatan operasi katarak gratis  dan pembagian kacamata gratis kepada sekitar 300 warga di RSUD Elia Waran, Kab. Manokwari Selatan, Papua Barat, pada (26 -30) September 2022. 

PMI dan ICRC telah melakukan kegiatan operasi katarak gratis ini sejak tahun 2006 untuk menjangkau wilayah Indonesia Bagian Timur, dan kegiatan kali ini merupakan yang pertama dilaksanakan setelah tertunda 2 tahun akibat Pandemi covid-19. 

Berdasarkan data dari kementerian kesehatan, penderita katarak di Indonesia mencapai sekitar 240.000 pertahun, dan Indonesia merupakan negara tertinggi di Asia dengan penyebab utama Katarak (prevalensi kebutaan di Indonesia mancapai angka 1,5 persen).

Menurut Kepala Divisi Kesehatan dan Sosial Markas Pusat PMI, Eka Wulan Cahyasari, katarak disebabkan oleh berbagai  faktor yang bervariasi, mulai dari usia, gizi, gaya hidup hingga riwayat penyakit yang diderita atau ketidaktahuan akan katarak itu sendiri oleh masyarakat. 

"PMI dan ICRC membantu mendekatkan akses masyarakat yg memiliki gangguan kesehatan mata dan harus menempuh jarak yang jauh, karena tidak tersedia layanan dokter mata diwilayahnya," jelas Eka.

Dalam kegiatan ini, PMI bersama ICRC bekerjasama dengan RS Pratama Elia Waran Manokwari Selatan, Dinas Kesehatan Manokwari Selatan dan RS Dian Harapan Jayapura, Papua.