PKS Jakarta Gelar Kursus Bahasa Jepang Gratis, Tingkatkan Daya Tawar Pekerja Migran Ibu Kota  

FAZ • Tuesday, 27 Sep 2022 - 09:00 WIB

Jakarta – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyikapi persaingan pasar global dunia dengan berusaha meningkatkan daya tawar pekerja migran Indonesia, salah satunya melalui keterampilan berbahasa asing. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Bidang Ketenagakerjaan (Bidnaker) Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta Nur Rochim dalam kegiatan Kelas Perdana Kursus Bahasa Jepang Level Dasar Gratis, Sabtu (24/09/2022).
 
Di hadapan lebih dari seratus peserta kursus, Nur Rochim menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk nyata kepedulian PKS dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya di wilayah Ibu Kota.
 
Ia juga menggaris bawahi tentang peranan pekerja migran sebagai salah satu aset terbesar bangsa Indonesia.
 
"Pekerja migran memiliki kontribusi yang sangat besar terhadap devisa negara, bahkan pada saat negara mengalami masalah ekonomi akibat pandemi beberapa tahun lalu," ujarnya memberikan apresiasi.
 
"Oleh karena itu, peningkatan skill terutama bahasa terutama bagi para calon pekerja migran merupakan suatu hal yang sangat penting," ujar Nur Rochim menjelaskan.
 
Kursus gratis yang diselenggarakan Bidnaker PKS Jakarta secara virtual tersebut menghadirkan dosen, pengajar Bahasa Jepang Sensei Edison, yang tidak hanya mampu menyampaikan materi secara interaktif namun juga merupakan sosok yang inspiratif.
 
Kegiatan yang dilaksanakan bersamaan dengan peresmian Buruh Migran Sahabat Indonesia dimulai sejak pukul 08.00-11.00 WIB, turut dihadiri oleh Sekretaris DPW PKS DKI Jakarta Abdul Aziz dan Ketua Departemen Media dan Migrant Care DPW PKS Jakarta.