6 Rekomendasi Laptop Ramah Kantong untuk Mahasiswa Jogja

ANP • Sunday, 25 Sep 2022 - 12:19 WIB

JOGJAKARTATak bisa dipungkiri, memiliki laptop adalah hal paling penting yang tidak bisa diabaikan saat menjadi mahasiswa. Berbagai tugas kuliah dapat dieksekusi dengan mudah jika Anda sebagai mahasiswa memiliki laptop.

Sayangnya, tidak semua laptop dijual dengan harga terjangkau dan spek yang mumpuni. Nah, bagi Anda mahasiswa yang sedang berkuliah di Jogja, bisa pertimbangkan 6 rekomendasi berikut ini. Deretan laptop ini hadir di segmen Promo Jogja Blibli.

Rekomendasi Laptop Murah untuk Mahasiswa

Sebenarnya, ada banyak sekali deretan laptop murah yang dijual di pasaran. Hanya saja, tidak semua laptop murah punya spesifikasi mumpuni untuk digunakan.

So, pastikan dulu untuk tahu spesifikasi laptop yang akan Anda beli sebelum membayarnya. Deretan enam laptop berikut ini bisa jadi pilihan terbaik untuk Anda.

1. Acer Nitro 5

Acer Nitro 5 termasuk salah satu laptop kelas gaming yang masih ramah untuk dompet Anda. Dengan prosesor yang mumpuni, sebenarnya laptop ini pun sangat cocok digunakan Anda yang berkuliah di jurusan desain grafis atau IT.

Laptop ini menggunakan dapur pacu Intel Core i5-7300HQ dengan RAM DDR4 8GB. Di dalam Acer Nitro 5 tersedia kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1050 4GB.

 

Desain Laptop ini pun terbilang kekinian meski ketebalannya masih mencapai 2 cm. Meski begitu, bobot laptop ini sangat ringan, yakni sekitar 2,7 kg saja.

Acer Nitro 5 dibuat dengan design dominan hitam dan aksen merah pada bagian belakang laptop. Dengan kesan estetik, laptop Acer Nitro 5 menanamkan RGB 4 zona yang dibenamkan di bagian laptop untuk mendukung Anda yang ingin mengoperasikan laptop di malam hari pada kondisi gelap.

2. MSI Modern 14 B

MSI Modern 14 B adalah laptop produktivitas yang sangat ergonomis bagi penggunanya. Perangkat ini menggunakan prosesor Intel Core Generasi ke 10 dan kartu grafis GeForce MX330.

MSI Modern 14B menggunakan desain yang lumayan berbeda dari yang selama ini ada. Material aluminium yang digunakan membuatnya terlihat kokoh.

Bahkan, body MSI ini sudah memenuhi standar militer. Tentunya, produk ini bisa jadi investasi jangka panjang karena awet hingga bertahun-tahun.

Laptop ini juga menggunakan RAM 8 GB DDR-2666. Nah, pengguna masih bisa mengupgrade laptop ini hingga kapasitas 16 GB.

3. Asus Expert Book B1400

Asus Expert Book B1400 dibanderol dengan harga sekitar Rp 7 jutaan di tahun 2022. Laptop ini sangat membantu kebutuhan Anda yang sedang bekerja dengan sistem WFH.

 

Pasalnya, Asus Expert Book B1400 sudah ditunjang dengan banyak opsi port yang lengkap. Port LAN gigabit RJ-45, combo audio jack 3,5 mm dan Thunderbolt 4 membantu konektivitas Anda.

Fitur AI Nose yang ada di laptop ini memudahkan Anda yang ingin melaksanakan zoom tanpa gangguan.

4. Asus A516JA

Asus A516JA membuktikan bahwa laptop dengan ukuran bongsor masih mendapatkan hati di kalangan customer. Justru, laptop bongsor lah yang dibutuhkan untuk menunjang produktivitas pekerja WFH saat ini.

 

Laptop ini berukuran 15 inci tetapi masih terlihat ringkas secara desain. Meski terlihat bongsor, beratnya pun ringan, yakni sekitar 1,7 kg saja.

Dari sisi konektivitas, laptop ini sudah dilengkapi dengan Wifi 5 dan USB Type-C. Terdapat juga Bluetooth yang membantu Anda menjalankan pekerjaan lebih gampang.

5. Lenovo Ideapad 3 Slim

Lenovo Ideapad 3 Slim, sesuai namanya, punya desain yang sangat tipis. Nah, angka “3” yang ada di laptop ini diartikan sebagai “entry level”. Lenovo memang memberikan angka “3” pada setiap laptop sebagai penjelasan bahwa kelasnya ada di kategori bawah atau pemula.

Meski begitu, laptop ini sangat keren karena terasa ringan dengan bobot hanya 1,43 kg saja. Terdapat kamera 480p 30fps di laptop ini serta fitur perlindungan Trueblock Privacy Shutter.

Laptop ini juga menyediakan 2 speaker stereo yang berlokasi di bawah kanan kiri pengguna. Sepertinya, laptop dengan model ini cocok untuk mahasiswa kelas bahasa yang membutuhkan audio untuk listening.

6. Asus Vivobook Ultra 15

Laptop berukuran 15,6 inci, Asus Vivobook Ultra 15 diluncurkan sejak bulan Juni 2021. Kesan pertama saat melihat Vivobook ultra 15 adalah desainnya yang minimalis.

Bahkan, bagian belakang dari laptop ini terbuat dari metal sehingga membuat kesan mewah yang tampah mahal.

 

Ada banyak fitur yang disediakan oleh asus untuk menunjang produktivitas, termasuk webcam 720p dengan mikrofon yang dibekali teknologi noise cancelling. Dengan begini, Anda bisa melaksanakan zoom dengan lancar tanpa kendala.

Produk ini juga mempunyai tombol keyboard yang bisa digunakan untuk menutup webcam ketika tidak aktif.

Segi audio pun sangat canggih. Produk ini sudah menggunakan speaker laptop yang sangat ngebass. Cocok untuk Anda mendengarkan lagu sambil mengerjakan tugas.

Memilih laptop terbaik untuk digunakan memang perlu ketelitian. Anda harus mempertimbangkan spek dan harga yang dibanderol, serta apakah laptop tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Enam rekomendasi yang tertera di atas dapat Anda jadikan pilihan bagi Anda yang berstatus mahasiswa. Selain murah, laptop yang ada di daftar ini punya spek yang sangat mumpuni.