Bangun Kesadaran Disaster Risk Reduction, PMI Fokus Perkuat Pendidikan Publik di Berbagai Tingkatan

MUS • Saturday, 24 Sep 2022 - 22:32 WIB

Brisbane - Palang Merah Indonesia (PMI) berkomitmen terus membangun kesadaran pengurangan risiko bencana masyarakat. PMI memperkuat pengetahuan pengurangan risiko bencana dengan mengedukasi masyarakat di berbagai tingkatan. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal PMI Sudirman Said dalam Asia-Pacific Ministerial Conference on Disaster Risk Reduction (APMCDRR) di Brisbane, Australia Kamis 22 September 2022.

“PMI telah mengalokasikan sumber daya yang signifikan untuk program edukasi publik, setidaknya untuk tiga tingkatan, yakni tingkat komunitas, tingkat sekolah, hingga tingkat keluarga,” kata Sudirman di hadapan perwakilan pemangku kebijakan kebencanaan Asia-Pasifik.

Di tingkat komunitas, PMI membantu masyarakat untuk membangun sistem internal dalam mengelola risiko. Sistem tersebut membantu masyarakat mengetahui risiko dan mengevaluasi langkah-langkah pengurangan risiko. PMI juga memadukan sistem tersebut dengan kearifan lokal masyarakat dalam pengurangan risiko bencana.

Palang Merah Remaja merupakan salah satu komponen relawan PMI di tingkat sekolah. Unit relawan yang menjadi ekstrakurikuler sekolah ini dimanfaatkan untuk menciptakan kaum mudah sebagai agen perubahan pada kesiapsiagaan bencana dan pengurangan risiko bencana.

“Akhirnya, saya ingin menekankan bahwa sangat penting untuk berinvestasi lebih banyak dalam pengembangan sumber daya manusia. Saya sangat menyarankan agar semua aktor berinvestasi secara agresif, mengubah jumlah sumber daya yang signifikan untuk pengembangan sumber daya manusia. Investasi itu harus mencakup pendidikan publik dan pemuda yang besar,” tegas Sudirman.

Keluarga adalah unit sosial terkecil di masyarakat. PMI memandang keluarga memiliki peran penting dalam setiap situasi darurat. PMI setidaknya menargetkan satu orang dalam keluarga memiliki pemahaman dasar tentang kesiapsiagaan bencana dan pengurangan risiko bencana.

Dikutip dari situs resmi penyelenggara, https://apmcdrr.undrr.org/, APMCDRR adalah platform regional utama di Asia-Pasifik untuk mempromosikan koordinasi dan kerjasama dalam PRB dan implementasi Kerangka Sendai untuk Pengurangan Risiko Bencana.

Ini menyatukan negara anggota PBB, organisasi antar pemerintah, organisasi internasional dan nasional dan kelompok pemangku kepentingan, untuk mempercepat kemajuan pengurangan risiko bencana.