Sediakan Ribuan Paket Sembako Murah, PPI Dukung Pasar Rakyat BUMN di Purwakarta

MUS • Friday, 23 Sep 2022 - 14:52 WIB

Purwakarta - PT Perusahaan Perdagangan Indonesia/PPI member of ID Food kembali menyediakan paket pangan murah dalam kegiatan Pasar Murah dan Bazar UMKM BUMN, bertempat di area Stadion Purnawarman, Purwakarta, pada (23/9/2023).

Warga Purwakarta antusias menunjukkan kupon belanja paket sembako murah. Partisipasi PPI yang kesekian kalinya pada kegiatan Pasar Murah BUMN ini merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam keterjangkauan dan ketersediaan pangan yang berkualitas di masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut, PPI menyediakan 2500 paket sembako murah yang berkolaborasi dengan BUMN sponsor yakni Biofarma dan Perum Jasa Tirta II, yang terdiri dari 5 kg beras, 1 kg gula, dan 1 liter minyak goreng yang dijual seharga Rp 55 ribu untuk warga prasejahtera. 

Salah satu warga Purwakarta, Ipah, bersyukur bisa mendapatkan sembako murah meski harus mengantre sejak pukul 08.00 WIB. 

“Perasaan senang karena ada beras murah buat kebutuhan sehari hari buat anak-anak saya,“ katanya.

Warga lain bernama Anis juga menyatakan hal yang sama. Bahkan ia berharap pemerintah terus mengadakan pasar murah. 

"Semoga pasar murah ada terus, biar ekonomi cukup. Kalau ada pasar murah terus jadi bisa meringankan beban kita," ucap Anis.

Menteri BUMN Erick Thohir yang hadir dalam kegiatan tersebut bersama Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, menegaskan paket sembako murah itu disediakan untuk membantu masyarakat agar bisa menikmati sembako dengan harga terjangkau, sebagai bagian untuk meringankan beban masyarakat.

Kegiatan ini juga menjadi sarana yang baik bagi UMKM Purwakarta untuk memperkenalkan produk-produk mereka kepada masyarakat sekitar sehingga dapat meningkatkan omzet.

"Saat ini roda perekonomian sudah mulai bergerak ke arah yang lebih baik. Jadi kegiatan ini menjadi salah satu cara yang dilakukan BUMN dalam mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan UMKM pascapandemi sekaligus menjadi bagian dari implementasi prinsip ESG (Environmental, Social and Governance," tutur Rifki Steovany, Kepala Divisi Retail & E-Commerce PPI.

PPI dalam pendistribusian pangan di masyarakat didukung oleh 52 cabang terdiri dari 32 cabang dan 20 depo anak perusahaan BGR Logistik Indonesia. Portofolio bisnis trading logistik terdigitalisasi PPI pada rantai ekosistem Holding BUMN Pangan dapat menjalankan fungsi ketersediaan di seluruh Indonesia.

PPI sendiri di hilir pangan sektor perdagangan, melalui Warung Pangan terus mengembangkan jaringannya dengan banyaknya tawaran kerja sama dari berbagai organisasi mulai dari koperasi hingga UMKM. 

Upaya-upaya untuk menjaga ketahanan pangan terus PPI lakukan, salah satunya lewat UMKM yang menjadi mitra Warung Pangan, yang mendapatkan layanan dengan menjadi saluran distribusi pangan bagi produk BUMN holding pangan di bawah ID Food kepada masyarakat dan menciptakan ekosistem pangan yang terdigitalisasi dari hulu hingga hilir.