Cara Cek Resi SiCepat dan Ongkir JNE

ANP • Tuesday, 20 Sep 2022 - 12:13 WIB

JAKARTA - Sicepat dan JNE merupakan beberapa perusahaan pengiriman barang terkenal di Indonesia. Banyaknya pilihan jasa pengiriman barang memberikan keuntungan bagi konsumen karena dapat memilih jasa pengiriman yang terbaik atau sesuai dengan budget yang dimiliki.

SiCepat menawarkan berbagai jenis paket layanan yang dapat dipilih konsumen, seperti SiCepat Cargo, Halu, Regular, BEST, Untung dan lain-lain. Dari sekian banyak layanan SiCepat, beberapa yang paling populer adalah SiCepat Cargo Kilat atau GOKIL, SiCepat Halu dan SiCepat Halu Regular.

Layanan SiCepat Untung menawarkan tarif normal yang bersaing dengan tarif normal perusahaan jasa pengiriman lainnya. Waktu pengiriman juga didasarkan pada kecepatan kendaraan pada umumnya. Sedangkan SiCepat Halu diambil dari singkatan “Harga Mulai Lima Ribu”.

Harga yang ditawarkan untuk pengiriman parsel sangat terjangkau, mulai dari 5.000 rupiah, sesuai dengan namanya. Meski harganya lebih murah dari biasanya, tentu syarat dan ketentuan berlaku. Sedangkan SiCepat Cargo Kilat atau GOKIL menawarkan jasa pengiriman dalam jumlah/ukuran yang lebih besar.

Lantas bagaimana caranya cek resi sicepat? Sebelum bagaimana tahu cara mengecek resi, maka kamu harus memiliki nomor resi terlebih dahulu. Bentuknya dapat berupa selembar kertas yang berisi informasi (paling sedikit) tentang pengirim, penerima, kiriman dan jasa yang digunakan.

Ada nomor unik dan berbeda di antara setiap struk. Pemegang resi dapat menggunakan nomor resi untuk "melacak" status paket. Lalu bagaimana cara cek SiCepat Halu, Reg atau nomor resi paket lainnya? Biar nggak penasaran, berikut cara cek struk SiCepat yang bisa kamu coba:

1. Cara cek struk melalui website resmi Sicepat.com
Secara umum, semua perusahaan jasa pengiriman memiliki fungsi verifikasi tanda terima di situs perusahaannya masing-masing. Selain pengecekan struk SiCepat, pengunjung juga dapat melakukan pengecekan lainnya, seperti pengecekan ongkos kirim SiCepat, pengecekan nomor resi SiCepat, serta produk yang tersedia. Berikut cara cek resi tracking yang bisa kamu coba:
1. Siapkan nomor resi
2. Kemudian buka situs resmi SiCepat - checkAwb
3. Selanjutnya akan muncul layar situs utama dimana kamu dapat memasukkan satu atau beberapa nomor resi sekaligus di kolom "No Receipt".
4. Masukkan nomor resi satu per satu jika memiliki lebih dari satu, tekan tombol + jika kamu memiliki lebih dari tiga nomor resi, lalu masukkan kembali nomor resi
5. Selesai

Tentunya dengan mengecek struk dari SiCepat yang melalui situs resminya, dapat melacak kiriman dengan lebih akurat daripada mengecek di situs atau aplikasi tidak resmi. Dengan cara ini kamu dapat melihat kuitansi register SiCepat atau jenis produk lainnya.

2. Cek Resi Langsung di Kantor Pusat, Cabang atau Agen SiCepat
Apakah paket data habis atau koneksi internet bermasalah? Kamu juga bisa mengecek struk SiCepat dengan datang langsung ke kantor. Cara ini tentunya akurat dan tidak kalah dengan cara sebelumnya karena sama-sama melalui perusahaan resmi.

Langkah-langkah yang bisa kamu lakukan sebagai berikut:
1. Bisa menghubungi agen SiCepat terdekat dengan lokasi Anda
2. Beritahu petugas untuk melacak kiriman
3. Kemudian petugas akan meminta nomor resi dan kamu bisa memberikan nomor resi Sicepat Halu atau produk lain yang anda gunakan.
4. Tunggu petugas untuk memeriksa sampai mereka menyampaikan informasi di mana paket kamu dan di mana ia tiba.
5. Selesai

Jika kamu tadi telah mengetahui cara cek resi si cepat, maka selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara cek ongkir JNE. Sehingga kamu mengetahui berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk pengiriman suatu barang.
Cara cek ongkir JNE

1. Melalui website resmi
Pertama, kamu dapat menggunakan layanan di situs resmi untuk mengetahui berapa biaya pengiriman yang harus dibayar. Karena melalui situs resminya, kamu tidak perlu khawatir dengan tingkat akurasi data yang ditampilkan di sini.
Website resmi juga digunakan sebagai cek pos untuk JNE Trucking, yang juga dikenal sebagai pengiriman massal dengan truk. Berikut langkah-langkah untuk mengetahui jumlah pengiriman JNE secara langsung melalui website resminya.

Buka halaman situs verifikasi ongkos kirim JNE untuk mulai memasukkan data produk yang akan dikirim. Masukkan nama kecamatan tujuan pengiriman dan juga kecamatan tujuan pengiriman; jika pilihan kecamatan tidak tersedia, masukkan nama kota atau kabupaten tujuan pengiriman

Masukkan kode captcha untuk memverifikasi bahwa orang yang mengakses layanan adalah manusia. Kamu akan dapat langsung melihat besarnya biaya pengiriman yang harus dibayarkan setelah captcha berhasil diselesaikan.
Besaran biaya pengiriman yang harus dibayar untuk setiap produk yang tersedia juga tertera dengan jelas. Jadi kamu bisa segera menyiapkan jumlah uang yang sama sebelum mengirim. Jika perlu, ambil tangkapan layar dan simpan di galeri.

2. Cek ongkos kirim JNE menggunakan aplikasi
Tidak hanya melalui website resmi, kamu juga bisa mengetahui cara cek resi JNE dan ongkos kirim melalui aplikasi resmi My JNE yang bisa diunduh di PlayStore. Ikuti langkah-langkah untuk cek harga pengiriman JNE melalui aplikasi MyJNE di bawah ini:
1. Download dulu aplikasi verifikasi pengiriman via My JNE di Playstore
2. Jalankan aplikasi setelah menginstalnya
3. Klik menu "Periksa Tarif" di layar beranda
4. Masukkan alamat pengiriman di kolom "Asal" dan alamat tujuan di kolom "Tujuan".
5. Masukkan berat paket yang akan dikirim
6. Ketuk Temukan Tarif
7. Kemudian akan muncul informasi biaya pengiriman di bagian bawah.

3. Melalui Website Alternatif
Selain menggunakan website resmi, bisa mencoba mengecek ongkos kirim JNE Trucking dan jasa pengiriman lainnya melalui website alternatif yang dibuat oleh pihak ketiga. Keakuratan website alternatif ini juga cukup tinggi karena databasenya selalu up to date.

1. Plugin ongkos kirim
Situs pertama memiliki plugin ongkos kirim yang tidak hanya memungkinkan untuk memeriksa ongkos kirim TIKI, tetapi juga Pos Indonesia, Sicepat, Wahana, J&T, JNE dan lain-lain. Ini adalah langkah-langkah yang bisa dicoba.
-    Buka halaman situs plug-in ongkos kirim
-    Kamu dapat memilih "Periksa Tarif"
-    Selain itu, berbagai biaya pengiriman akan dikeluarkan untuk jasa pengiriman mulai dari JNE, TIKI, Pos, Wahana, dll, tergantung dari kota asal dan kota tujuan yang Anda pilih.

2. Raja Ongkir
Cara lain untuk mengecek ongkos kirim JNE Trucking adalah melalui RajaOngkir yang tidak hanya memiliki aplikasi tetapi juga versi web. Terlebih lagi, kamu juga dapat menambahkan Raja Ongkir di situs web toko online.
Raja Ongkir memungkinkan kamu untuk menambahkan widget ongkos kirim ke situs web pribadi secara gratis. Situs ini melakukan berbagai pengiriman nasional seperti JNE, POS, TIKI, ESL, RPX dan PCP. Sedangkan untuk pengiriman internasional, situs ini mendukung verifikasi ongkos kirim untuk kurir POS dan TIKI.

Berikut cara cek TIKI, ongkos kirim dan ongkos kirim lainnya melalui situs ini.
1. Kunjungi website RajaOngkir
2. Di halaman beranda, kamu akan melihat kotak untuk memverifikasi pengiriman
3. Memilih pengiriman "domestik" atau "internasional"
4. Masuk kota Asal
5. Masukkan kota tujuan
6. Masukkan berat barang.
7. Tekan "cek ongkos kirim"

Setelah itu akan muncul hasil verifikasi ongkos kirim Correos, TIKI atau JNE sesuai dengan pilihan operator. Hasilnya adalah informasi tentang jasa kurir dan biaya yang dikenakan.(ANP)