Malaysia Healthcare Ajak Travel Agent di Medan Berkolaborasi

MUS • Tuesday, 20 Sep 2022 - 12:05 WIB

Medan - Sebanyak 25 travel agent di Medan mengikuti gathering yang diadakan Malaysia Healthcare di Hotel Arya Duta Medan, Senin (18/9/2022) malam.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengajak para travel agent yang tergabung dalam ASITA, ASTINDO, AMPHURI dan ASPPI Sumatra Utara dapat berkolaborasi dengan Malaysia Healthcare dalam mempromosikan dan menawarkan paket wisata khususnya wisata medis ke Malaysia. 

Sejak dibukanya kembali perbatasan Malaysia pada 1 April 2022 lalu, dapat dirasakan sambutan yang luar biasa dari berbagai pihak termasuk rumah sakit swasta, maupun agen perjalanan wisata Malaysia. 

Untuk itu semua pihak terkait harus terus memperkuat komitmen dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkelanjutan secara aman dan terpercaya bagi semua wisatawan 

Semenjak perbatasan Malaysia dibuka pada 1 April 2022, geliat wisata di Malaysia mulai menanjak, khususnya untuk tujuan wisata dan berobat. 

"Ini terlihat dari mulai aktifnya bandara dan juga pelabuhan di Malaysi. Apalagi banyak masyarakat Indonesia ke Malaysia untuk melakukan perawatan yang sempat tertunda selama pandemi Covid- 19,” kata En Mohd Daud Mohd Arif, CEO Malaysia Healthare Travel Council. 

Menurut Daud, dengan dibuka perbatasan saat ini, membuka dengan luas peluang kerjasama travel agent untuk dapat menawarkan paket perawatan ke Malaysia termasuk dengan paket wisatanya. 

"Sama kita diketahui saat ini banyak para calon wisatawan membutuhkan akses informasi dan juga paket-paket wisatawa yang praktis dan juga informatif," bebernya. 

Dia berharap dengan adanya kerjasama antara travel agent dengan Malaysia Healthcare dapat saling menguntungkan bagi kedua belah pihak utamanya para pelancong. Apalagi Sumatera merupakan wilayah yang paling besar minat masyarakatnya ke Malaysia, baik untuk tujuan wisata maupun berobat. 

“Tentunya kita tahu Sumatera dekat sekali dengan Malaysia. Dengan adanya kerjasama seperti ini diharapkan travel agent mendapatkan kesempatan untuk dapat membuka layanan ataupun menawarkan paket medical tourism ke wisatawan Indonesia. Jadi tidak hanya paket wisata yang mereka tawarkan, namun juga perawatannya seperti medical checkup,” sebut Daud. 

En. Aiyub Omar yang merupakan Konsulat Jenderal Malaysia di Medan juga mengamini. 

Menurutnya  dengan sudah dibukanya beberapa wilayah Sumatera ke Malaysia diharapkan geliat perekonomian, investasi, perdagangan khususnya di bidang pariwisata semakin menanjak, sehingga travel agent juga bisa berkesempatan menawarkan pilihan wisata dari kota-kota besar di Sumatera untuk ke Malaysia. 

Tourism Malaysia Medan menyatakan kerjasama ini merupakan peluang yang bagus, karena sejak perbatasan dibuka, kesempatan mempromosikan paket wisata kepada travel agent sangatlah menarik. 

Selain Malaysia yang dekat dengan Indonesia, beberapa akses ke Malaysia juga hampir dibuka sepenuhnya, seperti via penerbangan hingga Kapal Ferry. Saat ini telah banyak Airlines dan Ferry yang menambah rute dan jadwal keberangkatannya. 

“Hampir semua akses ke Malaysia dari Indonesia sudah dibuka sepenuhnya, khususnya dari pulau Sumatera, beberapa penerbangan seperti Medan – Penang, Medan – Kuala Lumpur. Yang terbaru akan dibuka pada Oktober 2022 ini adalah Kuala Lumpur – Pekanbaru, Kuala Lumpur – Padang & Kuala Lumpur-Aceh,” ungkap Yusnita Yusof Deputy Director Tourism Malaysia Medan untuk Sumatera kepada media. 

Acara gathering ini juga merupakan rangkaian acara dari pameran rumah sakit Malaysia atau Malaysia Healthcare Expo yang akan diadakan di Centre Point Mall Medan pada 22-25 September 2022 

Para pengunjung dapat bertemu dengan belasan perwakilan rumah sakit dan perwakilan Tourism State. Acara ini Gratis. Informasi lengkapnya bisa di cek di Instagram @malaysiahealthcare.id. (Har)