Pengakuan Ganjar soal Hubungan dengan Eko Kuntadhi, Pengamat: Sulit Dipercaya

FAZ • Sunday, 18 Sep 2022 - 08:28 WIB

Jakarta - Pengakuan Ganjar Pranowo soal hubungannya dengan Ketum Ganjarist Eko Kuntadhi dinilai sulit untuk dipercaya. Pasalnya, Eko ialah pentolan kelompok sukarelawan pendukung gubernur Jawa Tengah tersebut.

"Kalau melihat posisi Eko Kuntadhi sebagai ketua relawan Ganjarist menurut saya tidak dapat percaya jika Ganjar tidak mengenal dekat. Apalagi relawan Ganjarist ini sudah memiliki jaringan nasional dan sering menyuarakan dukungan terhadap Ganjar," ujar Catur Nugroho, pengamat politik dari Indonesia Political Opinion (IPO) kepada wartawan.

Catur juga mengatakan bahwa ulah Eko Kuntadhi tersebut harga yang harus dibayar para sukarelawan Ganjarist karena telah mengangkat seorang buzzer politik sebagai pemimpin.

"Kegiatan Eko Kuntadhi selama ini dekat dengan media sosial dan dunia politik, dan cenderung menggunakan kata-kata atau terminologi yang kurang memperhatikan etika di dunia siber. Peristiwa di mana Eko Kuntadhi menghina tokoh NU di Jatim dengan kata-kata kasar menjadi bukti bahwa buzzer politik seringkali tidak mengindahkan etika dalam bermedia sosial," tegasnya.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo dalam keterangannya mengatakan hanya mengenal Eko Kuntadhi sebatas pegiat media sosial saja.

Ia menyatakan selama ini dirinya tidak ada hubungan apapun dengan aktivitas Eko sebagai ketua umum Ganjarist.

"Soal aktivitas Mas Eko sebagai Ketua relawan Ganjarist, saya tidak pernah mengikuti dan tidak ada hubungan apapun," kata Ganjar dalam keterangannya, Kamis (15/9).

Nama Eko Kuntadhi disorot publik usai cuitannya di Twitter yang menghina putri kiai pengasuh Ponpes Lirboyo, Imaz Fatimatuz Zahra atau Ning Imaz.