Hari Jadi PMI ke-77, JK Ajak Masyarakat Terus Tebar Kebaikan

MUS • Saturday, 17 Sep 2022 - 15:38 WIB

Jakarta - Palang Merah Indonesia (PMI) harus menunaikan amanah masyarakat dengan ikhlas, profesional, transparan, dan akuntabel. Kepercayaan adalah modal untuk terus menebar kebaikan. Pesan tersebut disampaikan Ketua Umum PMI Jusuf Kalla saat peringatan hari ulang tahun ke 77 PMI, Sabtu, 17 September 2022.

"Kepercayaan dari masyarakat yang merupakan modal utama bagi PMI agar mendapatkan dukungan dari berbagai pihak," tegas JK sapaan akrab Wakil Presiden ke 10 dan ke 12 tersebut.

Ikhlas atau kesukarelaan merupakan salah satu prinsip dasar gerakan palang merah di seluruh dunia. Meski berbuat secara sukarela, kata JK, bukan berarti palang merah mengabaikan profesionalisme.

Oleh karena itu, JK mengimbau PMI di seluruh Indonesia fokus pada penguatan kapasitas relawan.

Tema HUT ke-77 PMI 'Terus Tebar Kebaikan' merupakan ajakan kepada seluruh PMI di semua tingkatan serta masyarakat untuk merawat semangat kemanusiaan dalam membantu sesama.

Dalam membantu sesama, PMI berada di antara pemberi dan penerima bantuan. JK mengibaratkannya seperti di antara tangan di atas dan tangan di bawah.

"PMI menerima bantuan dari masyarakat baik perusahaan, lembaga atau instansi maupun perorangan. Selanjutnya tangan di atas karena seluruh sumber daya atau bantuan yang diperoleh, disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan," tutur JK.

Pada HUT ke-77 PMI ini, JK menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada relawan, karyawan, maupun pengurus PMI di semua tingkatan atas dedikasi mereka.

JK juga berterima kasih pada segenap donatur, instansi lembaga dan pihak-pihak terkait yang sudah memberikan dukungan dan memercayakan bantuannya, baik material maupun material kepada PMI selama ini.

HUT ke 77 PMI dirayakan secara khidmat dan sederhana dengan menggelar apel serta rangkaian pelayanan di sejumlah wilayah.

Di Markas Pusat PMI sendiri, pegawai serta relawan menggelar sejumlah lomba dan pesta rakyat di Gudang Darurat Covid-19 PMI, Jalan Gatot Subroto, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.