Menpora: Haornas Momentum Gelorakan Masyarakat Berolahraga

MUS • Friday, 16 Sep 2022 - 13:57 WIB

Balikpapan - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menghadiri puncak Haornas 2022 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (9/9). Menpora Amali menyebut Haornas ke-39 menjadi momentum menggelorakan masyarakat untuk berolahraga.

“Haornas tahun ini jadi momentum untuk kembali menggelorakan semangat yang ada yaitu mengolahragakan masyarakat dan memasyaraktkan olahraga,” kata Menpora Amali dalam sambutannya.

Menurut Menpora Amali, ditengah pandemi Covid-19 ini sangat perlu untuk menjaga daya tubuh. Dengan tubuh yang bugar, masyarakat dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan lancar. Diharap, masyarakat dapat menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup. 

Disamping itu, Menpora Amali menjelaskan pemilihan Balikpapan sebagai lokasi peringatan puncak Haornas 2022 menjadi wujud komitmen pemerintah untuk menyukseskan Ibu Kota Nusantara (IKN). Kegiatan-kegiatan olahraga juga direncakan akan diarahkan ke IKN. 

“Pemilihan di Balikpapan ini bertujuan untuk mendekatkan ke IKN, karena nantinya pusat kegiatan akan dibangun IKN. Termasuk juga untuk pemusatan latihan timnas sepak bola akan di IKN,” terang Menpora Amali.

Disamping itu, Menpora Amali mengucapkan terima kasih kepada Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang tah bersedia hadir dalam puncak peringatan Haornas tahun ini. Begitu juga kepada seluruh pejabat hingga masyarakat yang hadir secara langsung memenuhi Stadion Batakan yang menjadi pusat acara.

“Terima kasih kepada Bapak Wakil Presiden. Ditengah kesibukannya beliau meluangkan waktu untuk bersama kita semua yang hadir di Stadion Batakan dalam memperingati Haornas tahun 2022 di Balikpapan. Kami juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruhnya jika ada yang khilaf maupun kurang dalam hal ini,” jelas Menpora Amali.

Puncak peringatan Haornas di Stadion Batakan berlangsung meriah. Sekitar 25 ribu orang yang memadati stadion menyaksikan berbagai penampilan dan atraksi. 

Acara ini juga diisi berbagai kegiatan, misalnya senam kesegaram jasmani secara massal dan diikuti ratusan pelajar. Kemudian juga ada pertunjukan kolosal budaya nusantara, penampilan singkat cabang olahraga unggulan, hingga pemberian penghargaan kepada tokoh dan pegiat olahraga.