Queen Rilis Single Perdana Renung, Lagu tentang Kerinduan pada Sosok Ibu

ANP • Friday, 16 Sep 2022 - 08:25 WIB

JAKARTA - Cindy Queenara Jullieta, penyanyi kontestan Idola Cilik musim ke-6, meluncurkan single perdananya berjudul "Renung", Kamis 15 September 2022, di Kopi Bangsa Museum Satriamandala, Jakarta Selatan.

Lagu berjudul "Renung" ini diciptakan oleh Khifnu Istiawan Arif. Selain sebagai pencipta lagu, Khifnu juga dikenal sebagai penyanyi solo, penulis, dan produser musik.

Pria asal Tarakan, Kalimantan Utara, ini mulai dikenal publik setelah menjadi viral. Ia sering mengcover beberapa lagu ternama dalam dan luar negeri yang kemudian diunggah ke akun YouTube pribadinya. Sejak itu, membuat namanya semakin dikenal.

Karir Khifnu sebagai penyanyi dimulai sejak ia duduk di bangku sekolah. Ia selalu percaya diri untuk tampil di berbagai acara sekolah. Sering juga tampil di kafe-kafe saat tinggal di Yogyakarta yang semakin mengasah kemampuan olah vokalnya.

"Renung" sendiri muncul ketika Khifnu tengah merenung di teras rumahnya sambil bermain gitar. Mengenang kembali kehadiran sosok ibu yang sudah tiada. Bermain satu nada, dua nada, dalam waktu 5 menit terciptalah lagu tersebut.

Sebagai seorang perantauan di "negeri orang", keberhasilan Khifnu hingga mencapai ke titik ini diakuinya berkat dukungan dan support sang ibu.

Karena itu, selayaknya ia ingin berbagi kebahagian dengan ibunya. Namun, keinginan agar ibu kembali, tidaklah mungkin. Satu-satunya cara agar bisa berjumpa sang ibu adalah melalui mimpi.

Itu sebabnya, karena diangkat dari kehidupan pribadinya, lirik lagunya begitu mendalam. Dan, ketika "Renung" dinyanyikan oleh Queenara, Khifnu merasa lagu itu seolah-olah dinyanyikan untuk dirinya.

Di setiap pagi
ku menunggu lagi
hadirmu di sini
temaniku lagi

Di setiap hari
Ku menunggu lagi
Rasa membebani
Oh di dalam hati

Ku menunggu saat itu
Saat ku bisa bersamamu
Ku bermimpi kau kembali
Tapi itu tak mungkin terjadi

Akankah kau percaya
Ku kan memperbaikinya
Untuk semua luka
Dan semua salahku
Aku sadar semua itu

Ku menunggu saat itu
Saat ku bisa bersamamu
Dan bermimpi kau kembali
Tapi itu tak mungkin terjadi

Menyanyikan lagu "Renung" bagi Queenara adalah sesuatu yang membahagiakannya. Dari sekian banyak penyanyi yang bertalenta, lagu "Renung" jatuh kepada dirinya untuk dinyanyikan. Siapa yang tidak bahagia memiliki single perdana?

Remaja kelahiran Cianjur, 11 Juli 2010, ini menilai lagu "Renung" memiliki makna yang sangat mendalam. Mengenai kerinduan akan sosok seorang Ibu yang sudah tiada. 

Meski lagu ini diangkat dari kisah nyata sang pencipta lagu, namun sangat related dengan kehidupan sekarang. Ada pesan moral di dalamnya. Ketika banyak yang mulai melupakan sosok ibu, melalui lagu ini, mengingatkan siapapun kita, begitu pentingnya sosok ibu.

Kerinduan yang menyadarkan bahwa begitu banyak luka yang sudah ditorehkan ketika sang Ibu masih ada. Karena itu, di saat ini ia berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

"Wah, saya senang banget bisa membawakan lagu ini. Susah untuk diucapkan dengan kata-kata. Sulit untuk diungkapkan," kata Queen, begitu biasa ia disapa, dengan tersipu malu.

Lagu ini ketika dibawakan oleh Queen, liriknya memang mengena dan easy listening. Terlihat dan terdengar menyatu dalam diri Queen. 

Inilah nilai lebih dari lagu "Renung" sehingga diharapkan bisa dinikmati oleh pencinta musik Indonesia di manapun berada. Lagu yang juga pas dinyanyikan oleh segala umur.

Queen yang menyabet juara Top Performer dalam ajang RIVF (Rhapsodie Indonesia Vocal Festival) pada 2019 ini berharap dari single perdananya ini, menjadi langkah awal dirinya menuju bintang yang lebih gemerlap.

"Saya ingin banget menjadi penyanyi profesional," tutur remaja yang tinggal di bilangan Kota Depok, Jawa Barat, ini saat ditemui di sela-sela syukuran peluncuran single perdananya itu.

Queen berharap dalam waktu dekat bisa kembali merilis single-single terbarunya. Syukur-syukur bisa meluncurkan album perdana. Ia juga berharap bisa berkolaborasi dengan sang pencipta lagu. Termasuk dengan penyanyi-penyanyi lainnya.

Putri pasangan Wandy dan N. Suciyanti Tantri Aprilia ini mulai bernyanyi sejak usia lima tahun. Tapi talentanya ini diawali ketika di usia 3 tahun ia mulai belajar piano, yang mengasah jiwa seninya. Queen lantas mengikuti les olah vokal agar bisa menyanyi dengan baik.

Karena kepiawaiannya bermain piano inilah yang membuat Khifnu jatuh hati dan merasa yakin lagu "Renung" sangat tepat dibawakan oleh sosok seorang Queen. Dalam video klip "Renung", juga ditampilkan Queen yang tengah bermain piano.

"Ketika kami bertemu yang diperkenalkan oleh seorang kawan, kami bermain piano membawakan lagu ini. Dan seketika saya menyakini lagu ini sangat cocok dengan karakter suara Queen," kata Khifnu.



Sebagai bentuk syukur atas kehadiran singel perdananya, Queen melakukan pemotongan tumpeng.  Potongan tumpeng ini lantas diberikan kepada sang mama, Suciyanti Tantri Aprilia, dan tentu saja Khifnu sendiri.Q

Pemotongan tumpeng ini disaksikan oleh sahabat-sabahat dan keluarganya, juga pihak label Khify Music, yang tidak lain milik Khifnu. Ya, Khifnu yang menciptakan lagu, dan menjadi music director.

Bagi Khifnu, lagu "Renung" yang bergenre queen folk adalah lagu ke-8 yang diciptakannya. Sementara 7 lagu yang lain dibawakan oleh dirinya.

Khifnu sendiri sukses dengan single yang diluncurkan pada bulan lalu yang berjudul "Benar Jatuh Cinta". Tidak heran, Khifnu semakin dicintai para penggemarnya. Terutama mereka yang mencintai aliran musik Folk.

Single perdananya dirilis pada Maret 2020. Single berjudul "Katakan Saja" ini bahkan sempat dicover oleh putri komedian Sule, Putri Delina.

Sukses ya buat Queen, sukses juga buat Khifnu. Teruslah berkarya, teruslah menginspirasi. Raihlah bintang...!