Setelah Jakarta dan Yogyakarta, Lokakarya Inspiratif GEN AKTIF Kini Hadir di Bandung

FAZ • Wednesday, 14 Sep 2022 - 12:55 WIB

Jakarta - Setelah sukses digelar di Jakarta dan Yogyakarta, program GEN AKTIF (Generasi Sehat dan Kreatif) yang terdiri dari serangkaian lokakarya kini hadir di Bandung. Kegiatan yang ditujukan bagi pelajar SMP dan SMA, serta guru dan tenaga pendidikan di Kota Bandung dan sekitarnya ini mengambil tema “Menjadi Remaja Unggul yang Sehat dan Kreatif.”

Salah satu fokus utama dari program GEN AKTIF adalah himbauan larangan merokok bagi para remaja di Indonesia dengan cara membentuk kebiasaan yang positif seperti edukasi gaya hidup sehat, melakukan kegiatan olahraga atau kesenian, serta peningkatan kapasitas tenaga pendidik dan keluarga melalui berbagai lokakarya.

"Kota Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Jawa Barat sekaligus merupakan salah satu kota pendidikan di Indonesia. Kota yang dinamis ini merupakan salah satu pusat lahirnya berbagai aktivitas yang kreatif dan menyenangkan. Oleh karena itu, kami sangat bersemangat untuk mengedukasi dan memberikan wawasan baru bagi para remaja agar menjadi generasi yang sehat dan kreatif," ungkap Founder dan CEO BenihBaik.com Andy F. Noya.

Program GEN AKTIF yang digelar di Kota Bandung kali ini mendapat dukungan penuh dari Dinas Pendidikan dan Pemerintah Provinsi Bandung dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) setempat.

Sementara itu, program pelatihan yang menjadi rangkaian kegiatan GEN AKTIF di Kota Bandung yang ditujukan untuk siswa SMP berlangsung dari tanggal 29 Agustus - 1 September 2022 dan diikuti oleh delapan sekolah. Terdiri dari dua sekolah untuk masing-masing wilayah Bandung Utara, Bandung Selatan, Bandung Timur, dan Bandung Barat.

Sedangkan pelatihan untuk SMA dan SMK diadakan tanggal 5 - 8 September 2022. Kemudian ada juga pelatihan Guru SMP yang akan diadakan tanggal 12 - 13 September 2022. Terakhir pelatihan untuk Guru SMA dan SMK tanggal 14 - 15 September 2022.

Para peserta mendapatkan ilmu dari John Adolf P sebagai pemateri bidang “Videografi dan Analisa Media Sosial” serta Jessiaty Lasma Anne G. sebagai pemateri “Fotografi, Jurnalistik, Praktik & Sharing Pembuatan Poster yang Menarik.”

"Program GEN AKTIF menawarkan berbagai workshop hingga coaching dengan berbagai mentor muda berbakat untuk menginspirasi dan mengasah bakat para remaja. Jadi, kita harus jauhkan perilaku negatif dari para remaja dan memastikan untuk terus mendorong minat mereka.

Kami juga sangat mengapresiasi dukungan dan keterlibatan berbagai institusi, seperti PKK, Dinas Pendidikan dan Pemerintah Provinsi Bandung, hingga pihak swasta yang turut meningkatkan capaian GEN AKTIF," tuturnya.

Andy F Noya berharap materi yang dibagikan pada lokakarya ini dapat memantik semangat para pelajar untuk berkegiatan positif dengan mengembangkan talenta. Hasil karya para peserta siswa ditampilkan di media sosial dengan mengusung tagar #KamiGENAKTIF untuk memberikan inspirasi baik bagi kawan-kawan lainnya sehingga bisa meminimalisir perilaku berisiko di kalangan remaja Bandung.

Senada dengan yang disampaikan Andy F Noya, Kepala Seksi Kelembagaan dan Peserta Didik Dinas Pendidikan Kota Bandung, Dedi Kusnadi M. M.Pd yang hadir membuka kegiatan pelatihan lokakarya siswa SMP Bandung berharap program GEN AKTIF bermanfaat dan mampu menjadi wadah untuk meningkatkan potensi bagi para pelajar di Bandung.

“Selamat kepada siswa-siswi sekalian yang terpilih dari puluhan ribu siswa di Bandung Barat untuk terlibat kegiatan GEN AKTIF yang didukung penuh Dinas Pendidikan Kota Bandung. Jadi kalian di sini akan mendapatkan pelatihan tentang generasi sehat dan kreatif, beserta contoh-contoh perilaku positif. Karena di tahun 2045 adalah tahun bonus demografi, akan ada generasi emas yang memimpin, dan kalian adalah generasi itu. Kalian ini yang ikut pelatihan yang 12 tahun ke depan akan menjadi pemimpin. Jadi pesan saya silakan mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, serap ilmu yang diberikan dan imbaskan pada anak-anak lain yang tidak ikut,” timpal Dedi Kusnadi.