Siap-siap, KPU Umumkan Hasil Verifikasi Administrasi Parpol Hari Ini

MUS • Wednesday, 14 Sep 2022 - 12:13 WIB

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana mengumumkan hasil verifikasi administrasi partai politik calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

"Hari ini KPU akan menyampaikan hasil verifikasi administrasi," kata Anggota KPU RI, Idham Holik kepada wartawan, Rabu (14/9/2022).

Idham menyampaikan, mekanisme penyampaian hasil verifikasi administrasi sendiri akan dilakukan melalui aplikasi sistem informasi partai politik (Sipol).

"Dan hari ini kami minta parpol untuk dapat mengakses dokumen hasil verifikasi yang kami sampaikan melalui Sipol," ujarnya.

Meski KPU akan mengumumkan hasil verifikasi administrasi parpol calon peserta Pemilu 2024, namun penyelenggara Pemilu akan tetap memberikan kesempatan kepada parpol yang belum memenuhi syarat untuk melakukan perbaikan.

"Kami beri kesempatan kepada parpol mulai tanggal 15-28 September, selama 14 hari kalender parpol dipersilakan memperbaiki dokumennya yang masuk kategori BMS dan TMS sebagaimana yang diatur dalam pasal 46 ayat 1 dan 2 PKPU No 4 Tahun 2022," pungkasnya.