Sinergi Pertamina Tingkatkan Kemandirian Difabel

MUS • Tuesday, 13 Sep 2022 - 18:04 WIB

Cilacap - PT Pertamina Lubricants (PTPL) dan Pertamina Retail (PTPR), anak usaha Subholding Comercial & Trading Pertamina bersinergi dalam upaya mendorong pengembangan bakat siswa Difabel di Cilacap. 

Hal ini diwujudkan melalui program Pertamina Sahabat Difabel dengan memberikan bantuan perlengkapan praktek Tata Boga, Tata Busana, dan Seni Kriya kepada Sahabat Difabel SLBN (Sekolah Luar Biasa Negeri) Cilacap dan SLBN (Sekolah Luar Biasa Negeri) Kroya, Cilacap pada hari Selasa, 13 September 2022. 

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah X Jawa Tengah Agus Triyanto, Manager Production Unit Cilacap (PUC) PTPL Prasetiyo Budi,  Senior CSR Officer PTPL Subhan Amrullah, dan Com.Dev & CSR Staff Jr, PTPR Sara Ari Dahlan. 

Dalam sambutannya, Agus Triyanto, menyatakan program Pertamina Peduli Difabel sangat memberikan dampak positif terhadap pembelajaran di sekolah. 

"Kehadiran program sangat bermanfaat dan berdampak positif kami sekolah dan kami mengapresiasi kolaborasi dan sinergi yang dilakukan oleh PTPL dan PTPR. Para siswa dan guru mendapat kemudahan dalam belajar mengajar yang tentunya dapat mendukung prestasi mereka kedepannya, terutama keterampilan yang mendukung kemandirian di masa mendatang," imbuhnya. 

Manager PUC PTPL Prasetiyo Budi mengungkapkan kebanggaan kepada guru yang membimbing siswa, dan mampu menggali bakatnya. Selain itu, siswa SLB menunjukkan antusias tinggi dalam belajar keterampilan di sekolah. 

Com. Dev & CSR Staff Jr PTPR Sara Ari Dahlan menuturkan bahwa kolaborasi ini merupakan wujud sinergi Pertamina Group khususnya Subholding Commercial & Trading dalam mendorong kemampuan generasi penerus bangsa untuk lebih berdaya saing dengan skill dan kompetensi yang lebih baik lagi.

"Kami melihat langsung bagaimana semangat guru dan siswa dalam belajar. Semoga dengan program Pertamina Sahabat Difabel inj menjadi inspirasi bagi Pertamina dan stakeholders lainnya untuk turut bersama mendorong kemandirian  difabel di Indonesia," tuturnya.

Dalam kegiatan ini, siswa SLBN Cilacap juga turut serta mengisi acara dengan menampilkan bakatnya dalam Tata Boga dan Tata Busana bersama guru pendamping.

Kepala SLB Negeri Cilacap, Tawar, mengungkapkan bahwa siswanya sangat bersemangat, terbukti dari keikutsertaan lomba dan kejuaraan siswa di tingkat provinsi. 

Prasetiyo Budi melanjutkan, "Kami berharap dengan berkolaborasi bersama PTPR, maka program Pertamina Sahabat Difabel dapat menjangkau wilayah lainnya dengan program-program yang semakin bermanfaat karena masih banyak program yang bisa dijalankan untuk meningkatkan pendidikan dan kemandirian teman difabel di Indonesia," tutupnya.