Unesa Sambut Baik Kebijakan Baru Seleksi Masuk PTN

MUS • Friday, 9 Sep 2022 - 15:06 WIB

Surabaya - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan Merdeka Belajar episode ke-22 tentang transformasi seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Dalam kebijakan tersebut, ada tiga transformasi seleksi masuk PTN yaitu seleksi nasional berdasarkan prestasi, seleksi nasional berdasarkan tes dan seleksi mandiri oleh PTN.

Perubahan seleksi masuk PTN tersebut mendapat respons dari berbagai kampus termasuk Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Wakil Rektor Bidang Akademik UNESA, Bambang Yulianto, mengatakan bahwa kampus ‘Satu Langkah di Depan’ itu menyambut baik kebijakan anyar tersebut. UNESA, lanjutnya, tentu mengikuti aturan yang baru sembari menyiapkan segala hal yang diperlukan dalam implementasinya di lapangan.

“Kebijakan ini tentu lahir dari pertimbangan yang matang untuk mendorong pembelajaran secara menyeluruh, fokus pada penalaran, inklusif dan mengakomodasi keberagaman peserta didik, transparan dan integratif. UNESA mendukung dan akan diimplementasikan dengan baik,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Satuan Admisi UNESA  Sukarmin, menyampaikan bahwa UNESA siap menyesuaikan aturan dengan kebijakan baru. Dia melanjutkan, memang ada sejumlah perubahan dalam tiga seleksi tersebut. 
Untuk seleksi nasional berdasarkan prestasi sekarang minimal 50% ditentukan dari rata-rata rapor seluruh mata pelajaran dan sisanya komponen penggali minat dan bakat.
Kemudian untuk seleksi nasional berdasarkan tes, terdapat perubahan mendasar pada materi tes fokusnya pada tes skolastik.

 “Terkait ini semua, secara intern, Satuan Admisi akan menentukan formulasi penentuan komponen penggali minat dan bakat dan akan koordinasi dengan panitia nasional,” ujar 
Sukarmin.

Lalu untuk seleksi mandiri, Admisi UNESA akan mengembangkan sistem yang lebih transparan khususnya terkait daya tampung, metode seleksi dan besaran biaya pendidikan. “Poin ini sudah dilakukan Admisi sebelum-sebelumnya lewat program sosialisasi di sekolah-sekolah maupun dijelaskan kepada sekolah yang berkunjung ke UNESA,” ujarnya.

Sukarmin juga  menambahkan, UNESA memiliki tujuh fakultas dan satu program vokasi; ada Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Ilmu Olahraga (FIO), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH), Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB),  Fakultas Teknik,  dan Program Vokasi.

“Fakultas-fakultas ini membawahi 70 lebih program studi dengan keilmuan yang beragam. Ada keolahragaan, seni, kependidikan, bahasa, sosial, hukum, teknik dan sebagainya. Kami yakin UNESA akan menjadi daya tarik tersendiri sesuai variasi bakat dan minat yang dimiliki calon mahasiswa,” pungkas Sukarmin.