Dapat Restu Jokowi, PSSI Siap Naturalisasi 7 Pemain Asal Belanda

MUS • Thursday, 8 Sep 2022 - 16:10 WIB

Jakarta - PSSI berencana melakukan naturalisasi 7 pemain lagi untuk memperkuat Timnas Indonesia. Rencana itu ternyata sudah direstui Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Saat ini ada tiga pemain yang tengah proses naturalisasi untuk Timnas Indonesia. Ketiga pemain itu ialah Sandy Walsh, Jordi Amat dan Shayne Pattynama. 

Ternyata PSSI masih ingin melakukan 7 naturalisasi lagi. Hal itu disampaikan Ketua Umum PSSi Mochamad Iriawan mengatakan sudah melaporkan rencana naturalisasi pemain keturunan kepada Jokowi. Sebab, pemain itu permintaan sang pelatih Shin Tae-yong.

Laporan tersebut setelah perwakilan PSSI mengikuti rapat terbatas persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 bersama dengan Jokowi. Rapat itu berlangsung di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (8/9/2022).

"Kami melaporkan rencana naturalisasi yang diminta pelatih. Ada tujuh pemain pemain naturalisasi kemungkinan akan kami proses," Mochamad Iriawan, Kamis (8/9/2022).

Iwan Bule sapaan akrabnya mengatakan baru ada dua pemain naturalisasi yang menyambut baik wacana itu. Namun, lima pemainnya masih penjajakan.

"Semuanya berasal dari Belanda. Dua sudah pasti lima masih kami jajaki," katanya.

Mochamad Iriawan mengatakan Jokowi memberikan dukungan terkait wacana itu. Lantaran, untuk persiapan Timnas Indonesia U-19 pada Piala Dunia U-20 2023.

"Presiden menyampaikan dalam hal ini tidak ada masalah. Itu permintaan pihak pelatih," ujarnya.