Keraton Yogyakarta Resmi Miliki Lembaga Sertifikasi Profesi

MUS • Wednesday, 7 Sep 2022 - 08:33 WIB

Yogyakarta - Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat secara resmi memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Peresmian dilakukan simbolis melalui pemberian sertifikasi lisensi LSP Keraton, oleh Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Kunjung Masehat kepada Sri Sultan Hamengku Buwono X. 

Dalam sambutan, Sri Sultan mengatakan diresmikannya LSP Keraton menjadi sebuah kebanggaan karena dapat memenuhi standar tingkat nasional dalam pengembangan sumber daya manusia.

“Yakni dalam aspek peningkatan kualitas dan perlindungan tenaga kerja yang meliputi sektor/bidang seni, budaya, rias pengantin dan pariwisata, dengan 14 skema sertifikasi yang diajukan lisensinya ke BNSP, ” jelas Ngarsa Dalem. 

Sri Sultan berharap, LSP Keraton Yogyakarta dapat melaksanakan sertifikasi profesi berstandar nasional. “Meskipun LSP milik Keraton Yogyakarta, namun nantinya tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh Abdi Dalem saja, namun juga bisa digunakan oleh masyarakat luas,” urai Sri Sultan. 

Sementara, Ketua BNSP menyampaikan bahwa LSP Keraton merupakan pihak kedua, yang akan melakukan sertifikasi tidak hanya di lingkungan keraton namun juga mitra kerjanya termasuk pendidikan, seperti SMA di lingkungan keraton. 

LSP Keraton Yogyakarta merupakan LSP Multi Sektor yaitu sektor/bidang seni, budaya, rias pengantin dan pariwisata, dengan 14 skema sertifikasi antara lain: Penari Gaya Yogyakarta Putra dan Putri, Penyaji Karya Tari, Dalang (Teater Wayang), Wiyogo (Karawitan Pakeliran), dan Penata Rias Pengantin Gaya Yogyakarta. LSP yang berlisensi di Kompleks Pracimosono (barat Bangsal Pagelaran) ini dapat diakses oleh masyarakat umum baik secara langsung pada jam kerja maupun melalui laman resmi. (Ron)