Harga BBM Naik, Lukmanul Hakim Minta Gubernur Anies Gratiskan Sarana Transportasi Publik di Jakarta

FAZ • Tuesday, 6 Sep 2022 - 17:56 WIB

Jakarta - Anggota DPRD DKI Jakarta Lukmanul Hakim mengusulkan kepada Pemprov DKI Jakarta agar seluruh transportasi publik di Jakarta digratiskan segera sebagai respon dari naiknya harga BBM bersubsidi.

“Saya meminta Gubernur Anies Baswedan untuk mengratiskan transportasi publik seperti Transjakarta, MRT, LRT, Minitrans dan Mikrotrans selama satu bulan sebagai respon dan solusi dari kenaikan harga BBM bersubsidi. Hal tersebut sekaligus upaya untuk mengajak warga Jakarta beralih mengunakan transportasi publik dan mengurangi kemacetan serta polusi udara di Jakarta,” kata Lukmanul Hakim dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (6/9/2022).

Ia mengaku prihatin dengan keputusan pemerintah pusat mengurangi subsidi BBM, sehingga harga BBM naik. Keputusan tersebut akan berdampak pada kenaikkan harga-harga kebutuhan hidup lainnya, serta memicu inflasi.

“Kenaikan harga BBM bersubsidi pastinya beredampak langsung dan mempersulit perekonomian warga Jakarta. Apalagi rata-rata warga Jakarta mobilitasnya cukup tinggi setiap harinya sehingga  dapat diasumsikan pengeluarannya pun bertambah setelah kenaikan BBM ini,” tambahnya.

Adapun usulan transportasi publik gratis merupakan solusi nyata bagi warga Jakarta dalam rangka meringankan beban perekonomian warga akibat dari naiknya harga BBM saat ini.

Disisi lain, bung Lukman juga meminta satgas pangan untuk difungsikan dan bekerja lebih dalam upaya pengawasan stabilitas sembako. Sebab dengan kenaikan BBM tersebut diprediksi akan terjadi permainkan harga pangan.

"Operasi pasar harus rutin, intensif guna mencegah permainan harga. Satu sisi PR klasik pemerintah juga harus segera diselesaikan, yaitu ketika musim panen tiba harga harus stabil, tidak boleh anjlok," pungkasnya.