BPJS Ketenagakerjaan Rayakan Hari Pelanggan Nasional Bersama Ratusan Siswa SD 

MUS • Monday, 5 Sep 2022 - 21:32 WIB

Jakarta - Dua tahun hidup berdampingan dengan Covid-19, sektor ekonomi dan dunia kerja telah beradaptasi dengan cukup baik, proses rebounding dari keterpurukan menjadi opportunities mulai bertumbuh. Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) yang jatuh pada tanggal 4 September dimaknai khusus oleh BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) untuk mendorong pekerja Indonesia semakin bertumbuh dan kuat. 

Berbeda dengan biasanya, kali ini Direktur Utama BP Jamsostek, Anggoro Eko Cahyo merayakan hari pelanggan nasional bersama ratusan siswa di SD Negeri 19 Kebayoran Lama Jakarta. Dalam kunjungannya itu Anggoro menyerahkan santunan beasiswa bagi 2 orang siswa, anak dari peserta BP Jamsostek yang meninggal dunia. 

“Pertama, kami mengucapkan Selamat Hari Pelanggan Nasional Tahun 2022 kepada seluruh peserta BP Jamsostek di seluruh Indonesia. Hari ini saya bertemu dengan adik-adik di SD Negeri 19 untuk memberikan santuan jaminan sosial kepada ahli waris yang putra putrinya bersekolah di sini. Ini merupakan salah satu manfaat dari program jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian yaitu beasiswa untuk 2 orang anak dari TK hingga perguruan tinggi," terang Anggoro. 

Deputi Direktur BP JAMSOSTEK Kanwil DKI Jakarta, Eko Nugriyanto mengunjungi pasien JKK di RS PLKK Mitra Keluarga Kemayoran 

Anggoro melanjutkan, BP Jamsostek menganut customer centric culture, yang berarti pihaknya berkomitmen untuk selalu mengedepankan pelayanan yang optimal kepada seluruh customer yang dalam hal ini adalah peserta BP Jamsostek; mulai dari informasi, pendaftaran menjadi peserta hingga saat peserta menerima hak manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan demi mewujudkan customer experience terbaik. 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SD Negeri 19 Kebayoran Lama Jakarta Muhammad Sadelih mengapreasiasi kepedulian BP Jamsostek dalam memastikan keberlanjuan pendidikan siswanya. 

"Mudah-mudahan apa yang diberikan ini benar-benar bermanfaat, apa yang jadi tujuan pemerintah atau tujuan bapak sebagai pengelola usaha ini, dan kami dari pihak sekolah hanya bisa membantu mengarahkan agar anak ini pendidikannya jangan terputus," ungkap Sadelih. 

Menurut data BP Jamsostek, hingga semester I Tahun 2022 secara nasional BP Jamsostek telah membayarkan manfaat beasiswa kepada 19.226 anak dengan total nominal mencapai Rp117 milyar. 

Sementara itu pada periode yang sama, jumlah klaim dari program JKK, JKM, JHT dan JP yang sudah diajukan peserta berjumlah 1,92 juta kasus dengan nilai manfaat sebesar Rp25,12 triliun. Jumlah kasus tersebut jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu (Juni 2021) meningkat 42% untuk jumlah kasus, dan untuk nominal pembayaran manfaat meningkat 27%. 

Sedangkan jumlah tenaga kerja yang sudah mendapatkan manfaat uang tunai dari program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) sebanyak 2.260 orang dengan nominal manfaat Rp6,9 miliar. 

Selain di Jakarta, secara serentak seluruh jajaran Direksi dan Dewan Pengawas BP Jamsostek juga turun langsung untuk menyapa dan melayani peserta yang sedang melakukan klaim di kantor cabang. 

Menutup kegiatan Harpelnas tahun 2022, Anggoro menyebutkan bahwa pihaknya berkomitmen untuk selalu menghadirkan pelayanan terbaik kepada peserta, baik peserta yang hadir langsung ke kantor cabang maupun peserta yang memanfaatkan seluruh akses yang disediakan seperti Lapak Asik (Layanan Tanpa Kontak Fisik) atau melalui Jamsostek Mobile (JMO). 

“Sekali lagi, selamat Hari Pelanggan Nasional tahun 2022, semoga dengan customer experience yang baik, peserta akan semakin erat dengan BP Jamsostek dan berujung pada kesadaran diri yang tinggi untuk memastikan dirinya, terlebih untuk adik-adik di sini dapat mengajak orang tuanya untuk terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan,” tutup Anggoro. 

Sementara itu Deputi Direktur BP Jamsostek Wilayah DKI Jakarta Eko Nugriyanto yang turut hadir dikegiatan tersebut menyampaikan alasan dipilihnya SDN 19 Kebayoran Lama Selatan sebagai tempat peringatan Harpelnas. 

Menurutnya selain memberikan edukasi sejak usia dini tentang manfaat program BPJS Ketenagakerjaan juga dikarenakan di sekolah tersebut terdapat 2 orang anak yang berhak mendapatkan santunan beasiswa dari BP Jamsostek.

Selain agenda penyerahan santunan beasiswa bersama Direktur Utama BP Jamsostek, Eko juga melakukan kunjungan ke Kantor Cabang BP Jamsostek Jakarta Pluit untuk memberikan pelayanan secara langsung kepada peserta.

Menutup seluruh rangkaian kegiatannya hari ini, Eko berkunjung ke salah satu pasien JKK yang dirawat di Rumah Sakit Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) Mitra Keluarga Kemayoran.