AWS Cloud Day 2022, Membangun Talenta Digital untuk Indonesia

MUS • Friday, 2 Sep 2022 - 10:38 WIB

Jakarta - Penyedia infrastruktur dan solusi komputasi awan (cloud computing) global Amazon Web Services (AWS) Indonesia, menjadi tuan rumah acara AWS Cloud Day 2022 pada hari Kamis (01/09/22) dengan tujuan utama memberikan informasi kepada masyarakat Indonesia yang lebih luas, mengenai keberadaan #AWSAda UntukIndonesia. 

Country Manager AWS Indonesia, Gunawan Susanto mengatakan, acara ini diadakan dari Indonesia untuk Indonesia, bukan sekedar untuk bicara mengenai AWS, tetapi ingin memberikan inspirasi dengan mendatangkan pelanggan AWS yang sudah menggunakan, serta mendapat hasil nyata dari AWS dan menceritakan pengalaman agar menjadi inspirasi atau mengedukasi untuk mereka yang masih belum menggunakan AWS.

"Kami melihat di Indonesia akses terhadap teknologi harus lebih merata, baik perusahaan besar atau kecil. Kami menemui banyak perusahaan di Indonesia yang masih berfikir AWS ini apa, cloud computing itu mahal ya? Nah kami ingin memberikan contoh tersebut agar masyarakat Indonesia banyak mengerti manfaat AWS aman, mudah digunakan. Contohnya seperti Tokopedia, Halodoc, Bank Commonwealth dan lainnya, menceritakan pengalaman mereka menggunakan cloud, dalam penggunaannya bisa bermanfaat untuk bisnis mereka," ucap Gunawan.

Salah satu misi dari AWS adalah menjadi tonggak digital Indonesia melalui talenta dan teknologi, salah satunya adalah membangun talenta digital untuk Indonesia dan memberikan akses teknologi yang merata kepada semua. 

AWS selalu melihat kebutuhan customer, seperti pengenalan cloud computing harus bisa diakses oleh siapapun, termasuk dari sekolah, menjalankan program Laptops for Builders memberikan pelatihan hingga bisa bikin website setelah lulus. Jika individu ingin belajar mengenai cloud namun masih berstatus mahasiswa, AWS memiliki program "Merdeka Belajar" dengan beberapa universitas yang menyesuaikan kurikulum dari AWS. 

"Ada program beasiswa Backend Developer Program juga untuk individu yang mau belajar, kami bekerjasama dengan Dicoding Indonesia," tuturnya.

Salah satu pelanggan dari AWS adalah Bank Commonwealth. PT Bank Commonwealth (Bank Commonwealth) memanfaatkan AWS secara optimal untuk strategi digital-firstnya, demi membangun masa depan finansial yang lebih cerah untuk semua pihak, dengan memberikan layanan-layanan digital yang terkini dan terbaik kepada nasabah sekaligus mentransformasi bisnis lending & funding tradisional. 

"Kolaborasi kami dengan AWS merupakan kunci dari strategi teknologi Bank Commonwealth untuk terus berinovasi demi memenuhi peningkatan permintaan akan layanan keuangan digital yang aman di Indonesia," tutur Timothy Director of Operations selaku Information Technology & Finance Bank Commonwealth.

Timothy menambahkan, AWS meningkatkan kemampuan untuk bereksperimen dan berkembang, seiring dengan perubahan kondisi pasar dan permintaan nasabah. Dengan AWS, Bank Commonwealth juga dapat menghadirkan dan mempertahankan talenta-talenta terbaik. 

"Semua anggota tim IT kami telah berkesempatan menggunakan teknologi cloud secara langsung, sementara sebagian tim pun menerima pelatihan dari AWS. Kami senang menjadi salah satu bank pertama di kawasan Asia Tenggara yang menggunakan AWS, dan kami berharap dapat memanfaatkan secara penuh semua keunggulan yang ditawarkan AWS dalam menjalankan strategi kami," tutupnya. (Fan)