RS PHC Surabaya-ASHA IVF Indonesia Sinergi Buka Layanan Teknologi Reproduksi Berbantu

MUS • Thursday, 1 Sep 2022 - 15:40 WIB

Surabaya - Rumah Sakit Pelindo Husada Citra (PHC) Surabaya mengembangkan sayap dengan membuka layanan teknologi reproduksi berbantu atau bayi tabung. Dengan mengandeng ASHA IVF, RS PHC menjadi rumah sakit pertama dalam jaringan BUMN yang mempunyai layanan program bayi tabung.

Komisaris PT Pelindo Husada Citra, Syahril Samad menyampaikan, kehadiran layanan bayi tabung di RS PHC didasarkan kondisi saat ini dimana banyak pasangan yang membutuhkan program bayi tabung untuk bisa mendapatkan buah hati. Sementara rumah sakit yang membuka layanan tersebut masih sedikit khususnya di wilayah Jawa Timur dan Indonesia Timur.

"Ini adalah ikhtiar RS PHC dalam membantu masyarakat untuk bisa mendapatkan keturunan. Layanan ini juga mendekatkan masyarakat daripada berobat ke luar negeri," ujar Syahril Samad.

Sementara itu Direktur Utama ASHA IVF Indonesia Amang Suryo mengatakan saat ini di Jawa Timur ada sekitar 12% pasangan yang membutuhkan layanan dan konsultasi tentang vertilitas. Namun sayangnya tidak banyak rumah sakit yang bisa melayani. Sementara untuk mendapatkan layanan serupa di luar negeri terkendala biaya.

Situasi ini menurut Amang Suryo menggerakan ASHA IVF menjalin kerja sama dengan RS PHC membuka layanan teknologi reproduksi berbantu atau bayi tabung.

"Saat ini di Jatim ada sekitar 12% pasangan membutuhkan layanan juga terapi vertilitas untuk bisa mendapatkan keturunan. Namun mereka terkendala dengan biaya dan keterbatasan layanan tersebut. Ini menjadi dasar kita membuka layanan bayi tabung di RS PHC," ujar dr Amang.

Ia juga menyampaikan bahwa RS PHC yang merupakan unit usaha di lingkungan BUMN bisa menjadi rujukan bagi pekerja di jaringan BUMN sehingga tidak perlu lagi ke luar negeri.

"Ini sangat strategis karena ada di unit BUMN. Nah tentu bisa membantu mereka yang ada di BUMN untuk bisa mendapatkan layanan bayi tabungn tanpa harus ke luar negeri," lanjutnya. 

Layanan Teknologi Reproduksi Berbantu atau bayi tabung ASHA IVF RS PHC Surabaya juga dilengkapi dengan teknologi Intra Crytoplasmic Mophologically Selected Sperm Injection (IMSI) yang bisa membantu memilih sperma dengan morfologi terbaik untuk bisa mendapatkan keturunan yang terbaik.

"Ini adalah teknologi terbaru yang hadir di Indonesia. Dan kali ini sudah ada di RS PHC Surabaya. Dengan teknologi ini maka pasangan suami istri bisa mendapatkan buah hati yang sehat dan berkwalitas," pungkas Amang. (Her)