Polimedia Bersama UPK PBB Setu Babakan Gelar Workshop UMKM dan Diseminasi Hasil Penelitian Dosen Vokasi

ANP • Thursday, 1 Sep 2022 - 00:01 WIB

JAKARTA - Polimedia berkolaborasi dengan UPK PBB setu babakan mengadakan Diseminasi Hasil Riset Dosen Polimedia serta Optimalisasi Potensi Pengembangan Kawasan Perkampungan Budaya Betawi. Kegiatan ini adalah salah satu  Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sekaligus mendukung program kementerian pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Direktur Polimedia, Dr. Tipri Rose Kartika.,MM menjelaskan, sebagai pimpinan sekaligus tim periset dirinya sangat mensupport pelaksanaan riset tim Polimediabisa dengan judul Pengembangan Biodegradable Active Packaging Berbasis Nata de coco Guna Memperpanjang Umur Simpan Makanan dan Menjaga Mutu Produk UMKM dan Industri Makanan Kemasan.

"Melalui kegiatan pada hari ini kami berharap masyarakat khususnya pelaku UMKM dapat mengetahui mengenai hasil penelitian ini dan kedepannya dapat mengimplementasikannya untuk kemasan produknya," tegas Direktur Polimedia, Tipri Rose Kartika, di Jakarta, Rabu, (31/8/2022) 

Program Riset Keilmuan terapan Dosen PT Vokasi ini diketuai oleh Dr. Handika Dany Rahmayanti.,M.Si, dengan anggota Dr Tipri Rose Kartika M.M, Septia Ardiani.,M.Si, Nurul Akmalia.,M.Med.Kom., serta Meuthia Suryani., S.Sos dan 2 orang mahasiswa Teknik Kemasan : Julia Tristanti Br Ginting dan Desvi Setiadi.

Penelitian ini di danai oleh LPDP dan diharapkan menciptakan produk inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Saat ini produksi sampah plastik untuk kemasan oleh karena itu, pemerintah terus mendorong pelaku industri makanan dan minuman untuk mulai menggunakan kemasan yang ramah lingkungan.

Ketua UPK-PBB Setu Babakan, Imron Yunus.,S.Pd.,MM mengatakan, kedepannya akan banyak kolaborasi antara UPK Perkampungan Budaya Betawi dengan Polimedia.

"Karena beberapa kegiatan sangat sejalan dengan visi Polimedia, seperti foto produk serta pelatihan branding dan produksi konten dalam rangka Optimalisasi Potensi Pengembangan Kawasan Perkampungan Budaya Betawi ini,” katanya

Hari ini juga dilangsungkan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Politeknik Negeri Media Kreatif dengan UPK Perkampungan Budaya Betawi. Kerjasama tersebut diharapkan dapat meningkatkan efektivitas, efisiensi, produktivitas, kreativitas, inovasi, mutu, dan relevansi pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi untuk meningkatkan potensi pengembangan kawasan perkampungan budaya betawi serta terjalinnya kolaborasi-kolaborasi selanjutnya. (ANP)