10 Tips Memilih Software Payroll yang Sesuai Kebutuhan Bisnis

ITK • Wednesday, 31 Aug 2022 - 12:02 WIB

Jakarta - Sebuah artikel Forbes berjudul “What Part of Your Business Can You Outsource with Ease?” menyebutkan setidaknya ada tujuh jenis pekerjaan dalam organisasi bisnis yang dapat dilakukan melalui outsourcing agar perusahaan berjalan lebih efisien. Salah satu di antaranya adalah proses payroll atau penggajian karyawan.

Anda tentu tahu bahwa penggajian merupakan proses administratif yang rumit dan kerap membuat sakit kepala. Memastikan karyawan perusahaan dibayar tepat waktu serta menghitung upah, lembur, tunjangan, jaminan sosial, dan pajak karyawan tanpa kesalahan adalah pekerjaan melelahkan dan menguras waktu. Bagi bisnis multinasional, skala upah dan peraturan ketenagakerjaan yang berbeda-beda di berbagai negara juga ikut menambah daftar panjang kerumitan penggajian.

Namun dengan software payroll, Anda dapat menyerahkan pekerjaan yang terkait dengan penggajian kepada penyedia layanan tersebut. Sementara, Anda dan tim bisa lebih fokus pada aktivitas bisnis utama tanpa terganggu dengan pekerjaan non-strategis dan tidak terkait langsung dengan pengembangan bisnis.

Dari segi waktu dan biaya, penggunaan jasa HR outsourcing lebih efisien bagi perusahaan yang memiliki sumber daya terbatas namun ingin fokus mengejar pertumbuhan bisnis. Meski demikian, memilih jasa payroll outsourcing tak bisa sembarangan. Anda perlu mempertimbangkan software yang digunakan oleh penyedia layanan payroll.

Anda tak hanya membutuhkan proses penggajian yang efisien, tetapi juga yang tak kalah penting memastikan data perusahaan dan karyawan Anda yang berada di pihak ketiga benar-benar aman dan terlindungi. Untuk itu, ada baiknya Anda mempertimbangkan tips memilih HR & software payroll di bawah ini.

Pilihlah payroll outsourcing yang menggunakan software seperti berikut:

  1. Software online (cloud)

Ini merupakan poin pertama yang perlu Anda pertimbangkan. Di era digital, penggunaan perangkat lunak on-site telah ketinggalan zaman. Sebaiknya, jangan ragu untuk mencari tahu dan memastikan penyedia layanan payroll Anda menggunakan software online atau berbasis cloud.

Software online bukan hanya menentukan bagaimana cara kerja penyedia jasa payroll, tetapi juga memberikan kemudahan dan fleksibilitas yang tinggi. Layanan ini dapat mengatasi kendala jarak dan ruang, sehingga dapat menjangkau perusahaan di berbagai wilayah.

Sebagai contoh, jasa payroll outsourcing Jakarta dapat mengerjakan layanan perhitungan gaji karyawan klien yang berada di kota lain secara real-time. Jadi, tak masalah apakah perusahaan Anda berada di Jabodetabek, Batam, Surabaya, atau daerah lain, Anda tetap dapat menggunakan jasa payroll outsourcing yang berbasis di Jakarta.

  1. Sistem perhitungan otomatis

Penggajian melibatkan banyak komponen di dalamnya. Anda tentu tidak ingin proses ini dikerjakan secara manual oleh tim outsourcing, yang berarti hanya memindahkan kerumitan dan risiko kesalahan di pihak ketiga. Itu sebabnya, jasa payroll yang menawarkan perhitungan otomatis mesti menjadi pilihan Anda.

Sistem hitung otomatis software penggajian tidak hanya memberikan hasil yang akurat dan minim kesalahan, tetapi juga jauh lebih cepat dan efisien. Ini seperti menggunakan mesin, di mana setiap bagian pekerjaan tidak lagi membutuhkan campur tangan manusia, sehingga bebas dari human error.

  1. Menawarkan perlindungan data klien

Bagian penting lainnya adalah soal keamanan dan kerahasiaan data klien. Dalam payroll outsourcing, data perusahaan Anda dikelola dan disimpan secara eksternal. Itu artinya, Anda harus memastikan bahwa data karyawan, gaji, BPJS, pajak, dan lain-lain tetap terlindungi, tidak tercecer, dan tidak dapat diakses sembarang orang.

Penyimpanan online di server cloud sejauh ini terbukti cukup andal dalam menjaga kerahasiaan data klien dibanding penyimpanan di storage komputer. Lalu lintas data yang terenkripsi dapat mencegah data terbaca dan disalahgunakan oleh pihak lain yang tak bertanggung jawab. Karena itulah, software cloud tetap menjadi pilihan karena keamanannya.

  1. Up-to-date terhadap regulasi pemerintah

Sekali lagi, penggajian adalah pekerjaan rumit yang tidak hanya melibatkan banyak komponen, tetapi juga harus mengikuti peraturan pemerintah yang berlaku saat ini. Memahami setumpuk regulasi ketenagakerjaan di Indonesia yang terus berubah dari waktu ke waktu mungkin akan membuat pusing, apalagi bagi pemimpin perusahaan asing yang baru beroperasi di Indonesia.

Oleh sebab itu, memilih jasa outsourcing yang menggunakan software payroll yang up-to-date terhadap ketentuan hukum terbaru merupakan solusi tepat. Layanan semacam ini akan memastikan ketundukan perusahaan Anda terhadap hukum ketenagakerjaan, dari soal upah, lembur, THR, jaminan sosial, jaminan kesehatan, hingga pajak penghasilan.

  1. Layanan payroll lengkap

Terakhir, Anda juga perlu memastikan cakupan layanan kelola penggajian yang ditawarkan. Software payroll yang lengkap seharusnya dapat melakukan tugas berikut:

  1. Menghitung gaji dan membuat slip gaji

Pastikan jasa payroll Anda dapat menghitung dengan akurat remunerasi karyawan, dari mulai komponen gaji, tunjangan, lembur, bonus, THR, dan lain-lain. Selain itu, software payroll seharusnya juga menyediakan slip gaji karyawan secara online sebagai bukti pembayaran upah.

  1. Mengelola dan menghitung asuransi sosial BPJS

Jasa payroll juga perlu menyediakan perhitungan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan yang merupakan asuransi wajib di Indonesia. Ini terkait dengan seberapa besar tunjangan yang harus diberikan perusahaan dan iuran yang dipotong dari gaji karyawan sebagai premi jaminan kesehatan dan jaminan sosial ketenagakerjaan. Bukan itu saja, layanan payroll seharusnya juga bisa menangani pendaftaran kepesertaan karyawan Anda di BPJS.

  1. Menghitung pajak penghasilan (PPh) karyawan

Ini adalah salah satu bagian sulit dari proses penggajian. Pastikan penyedia jasa payroll outsourcing Anda mengerti UU Pajak Penghasilan beserta aturan terkait dan menerapkan ketentuannya dalam perhitungan PPh 21 dan PPh 26. Untuk itu, penggunaan software kalkulator pajak otomatis akan lebih menjanjikan hasil perhitungan yang akurat ketimbang proses kalkulasi manual.

  1. Menyediakan layanan administrasi kehadiran

Kehadiran dapat mempengaruhi perhitungan gaji karyawan. Misalnya, apabila perusahaan memberikan tunjangan kehadiran, maka data kehadiran karyawan sangat dibutuhkan. Begitu juga dengan lembur, data jam kerja lembur juga penting untuk perhitungan upahnya. Penyedia jasa payroll semestinya juga dapat mengelola data kehadiran karyawan.

  1. Menyediakan layanan konsultasi 

Jasa payroll yang menyediakan konsultasi gratis bagi klien memiliki nilai plus. Dalam kondisi tertentu, perusahaan Anda mungkin membutuhkan konsultasi masalah administrasi SDM. Misalnya, jika ingin mengakhiri hubungan kerja karyawan PKWT dan PKWTT, layanan outsourcing Anda dapat memberikan saran tentang prosedur dan hak yang wajib dibayarkan kepada karyawan berdasarkan aturan ketenagakerjaan Indonesia.

Paket lengkap layanan di atas dapat Anda temukan di Talenta by Mekari, payroll outsourcing Indonesia yang telah dipercaya berbagai perusahaan dari startup hingga brand internasional.

Talenta by Mekari merupakan layanan payroll outsourcing dari aplikasi Talenta by Mekari, software berbasis cloud untuk penggajian dan pengelola administrasi SDM perusahaan. Talenta by Mekari dapat mengerjakan administrasi penggajian untuk berbagai tipe perusahaan dengan anggaran yang terjangkau, baik perusahaan rintisan maupun yang berekspansi ke wilayah Indonesia.

Dengan otomatisasi sistem hitung online yang telah disesuaikan dengan peraturan ketenagakerjaan di Indonesia, Talenta by Mekari membantu perusahaan Anda lebih efisien. Anda tidak perlu pusing dan sibuk menghitung remunerasi dan PPh 21/26 karyawan setiap bulan, yang dapat memecah konsentrasi tim dalam mendorong produktivitas dan kinerja perusahaan. Tetaplah fokus pada tujuan organisasi bisnis Anda dan percayakan administrasi penggajian karyawan kepada Talenta by Mekari.

Talenta by Mekari: Software Payroll Terbaik di Indonesia

Salah satu sistem pembayaran gaji yang cukup populer dikalangan masyarakat adalah sistem dengan menggunakan payroll. Di kalangan pekerja ataupun karyawan pasti sudah tidak akan asing lagi dengan istilah pembayaran gaji payroll ini.

Aplikasi pembagian gaji talenta dari mekari ini juga berhasil menjadi software payroll terbaik di Indonesia. Aplikasi pembagian gaji talenta dari mekari ini bisa menjadi software payroll terbaik di Indonesia karena secara otomatis akan membantu perusahaan untuk membuat laporan payroll gaji sekaligus mencetak form dari slip gaji jika slip tersebut dibutuhkan.

Adanya form slip gaji yang langsung dicetak secara otomatis ini tentu akan memudahkan pekerjaan HRD perusahaan karena mereka sudah tidak perlu repot memindahkan data gaji karyawan perusahaan dan mengolahnya kembali ke perangkat lunak yang berbeda. Oleh karena itu software payroll terbaik yang ada Indonesia talenta dari mekari ini bisa menjadi salah satu software payroll yang bisa menjadi pertimbangan bagi perusahaan.

Fitur Talenta by Mekari:

Berikut beberapa fitur utama yang dapat membantu HR dalam mengelola sumber daya manusia suatu perusahaan.

  • Software attendance management: untuk mengelola cuti, absen, jadwal shift kerja, perhitungan lembur dan timesheet karyawan.
  • Aplikasi absensi online: untuk mengelola kehadiran karyawan tanpa perlu menggunakan mesin fingerprint.
  • Aplikasi HRIS: untuk mengelola database karyawan, proses rekrutmen hingga manajemen aset.
  • Software payroll: untuk melakukan penggajian lebih efisien dengan perhitungan yang akurat dan cepat.
  • Aplikasi slip gaji: untuk mengelola slip gaji karyawan dengan lebih aman dan mudah diakses kapan saja dan dimana saja.

Dengan fitur - fitur ini, HR dapat mengelola rekrutmen karyawan dengan lebih mudah, mulai dari job listing, penjadwalan interview, hingga onboarding hanya dalam satu aplikasi yang terintegrasi dan berbasis online.

Demikianlah penjelasan kami mengenai software payroll Indonesia mulai dari proses cara memberi gaji hingga menggunakan aplikasi pembayaran yang akan lebih memudahkan perusahaan dalam melakukan pembayaran gaji karyawan mereka. Dengan menggunakan software payroll berbasis online milik Talenta dari mekari ini akan memudahkan perusahaan dalam mendata gaji karyawan serta melakukan transfer secara otomatis.

Tentu hal ini akan membuat pekerjaan lebih mudah dan efisien jika dibandingkan perusahaan masih menggunakan sistem manual. Selain akan lebih memudahkan pekerjaan Anda, dengan menggunakan software payroll Indonesia Talenta dari mekari ini akan lebih meminimalisir terjadinya pencurian data dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

Dalam aplikasi Talenta ini juga sering diadakan promo dan diskon yang berakibat pada harga yang bisa lebih murah dari harga normal. Tentu saja hal ini bisa dikatakan angin segar untuk perusahaan yang ingin menggunakan Talenta sebagai sistem payroll mereka namun dengan anggaran yang terbatas.

Apalagi untuk kondisi sekarang ini di mana karyawan lebih sering Work From Home, menggunakan Talenta tentu akan sangat membantu dalam hal pengkondisian karyawan dengan sistem otomatisnya yang akan sangat membantu perusahaan.

Tertarik mencoba Talenta secara gratis? Kunjungi https://www.talenta.co/fitur/software-payroll/ sekarang juga!