Sandiaga Uno Ajak Kasoem Group Mendunia melalui Wellness and Medical Tourism

FAZ • Wednesday, 31 Aug 2022 - 08:36 WIB

Bandung - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong Kasoem Group melalui Kasoem Vision Care dan Kasoem Hearing Center turut serta dalam program Wellness and Medical Tourism yang dirancang pemerintah. Salah satunya, dengan mengambil simbol 3G (tiga G) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Saya ingin mendorong Kasoem Group untuk menjadi terdepan, mengambil tiga (3) simbol dari Kemenparekraf. 3 G, yaitu G pertama Gercep, Gerak Cepat. G kedua Geber, Gerak Bersama, dan Gaspol, Garap Semua Potensi Online," tutur Sandi dalam peresmian Gedung Kasoem Group 'History of Kasoem', Minggu malam, 28 Agustus 2022.

Menurutnya potensi pariwisata kesehatan memiliki nilai tinggi seperti data dari Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC). Mereka menyebut wisatawan kesehatan internasional di Malaysia mencapai 1,2 juta orang, 700 ribu di antaranya berasal dari Indonesia.

Dari 1,2 juta wisatawan, mereka yang pergi ke sana berkepentingan melakukan pemeriksaan kesehatan penglihatan dan pendengaran. Dengan nilai tersebut, Malaysia Tourism Health mampu meraup Rp23 triliun dari wisata kesehatan.

"Nah, kami melihat bahwa ternyata di Indonesia membelanjakan lebih dari Rp100 triliun dan yang dimiliki oleh populasi Indonesia untuk mendapatkan layanan kesehatan se-simple mengecek penglihatan, pedengaran ke luar negeri," ucapnya.

Maka dari itu, Sandi ingin Kasoem Group untuk menjadi terdepan dalam pemeriksaan kesehatan mata dan pendengaran melalui Kasoem Vision Care dan Kasoem Hearing Center. Sehingga, wisatawan dalam negeri tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk mendapatkan fasilitas kelas internasional.

"Kasoem Group, tetaplah menginspirasi 80 tahun sudah bekiprah, mari kita dorong 80 tahun lagi mendunia. Karena yang diberikan kacamata itu tokoh-tokohnya Bung Karno, Muhammad Hatta, tokoh-tokoh kelas dunia," ucapnya.

Deputy Chief Executive Officer (CEO) Kasoem Group Trista Mutia Kasoem menyambut baik ajakan Sandi untuk berpartisipasi dalam program Wellness and Medical Tourism (Kemenparekraf). Karena, Kasoem Group yang sudah berdiri sejak 1939 telah memiliki fasilitas yang lengkap untuk pemeriksaan penglihatan dan pendengaran sesuai standar internasional.

Tak hanya itu, Kasoem Group juga mengedepankan pelayanan serta solusi sesuai kebutuhan konsumen. Hal tersebut sejalan dengan value Kasoem HELP, yaitu Harmony, Excellent in Science, Loyalty, and Professional.

"Kasoem Gorup siap mendukung program Pak Menteri, khususnya program Wellness and Medical Tourism. Selain meningkatkan awareness pelanggan dari dalam negeri, ini juga bisa menjadi peluang untuk menciptakan lapangan kerja baru untuk industri wisata kesehatan," ucap Trista.