Smesco Gelar Indonesia Digital MeetUp 2022

ANP • Monday, 29 Aug 2022 - 21:31 WIB

 

Jakarta - Sebagai Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kementerian Koperasi dan UKM, Smesco Indonesia bakal menggelar Indonesia Digital MeetUp 2022 (IDM22) pada 1-2 September 2022 bertempat di Smesco Indonesia Convention and Exhibition Hall, Jakarta.

Perhelatan akbar ini diadakan untuk membantu UMKM masuk tahapan digitalisasi. "Kami berkewajiban untuk mendukung program digitalisasi UMKM. Event ini juga diharapkan menjadi titik kumpul dan berjejaring yang baik bagi pelaku UMKM digital," kata Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata, pada acara konferensi pers terkait pelaksanaan Indonesia Digital MeetUp 2022, di Jakarta, Senin (29/8).

Menurut Leonard, perkembangan teknologi digitalisasi telah mengubah sistem bisnis dan cara hidup masyarakat. Sehingga, Indonesia Digital Meetup sangat diperlukan masyarakat untuk saling bertukar informasi teknologi.

"Juga, untuk mempertemukan UMKM-UMKM Indonesia dengan tools dan ide bisnis terkini untuk mendukung keberlangsungan bisnis mereka," ulas Leonard.

Oleh karena itu, lanjut Leonard, Smesco Indonesia akan menghadirkan eksibitor yang mampu membantu meng-scale up kapasitas bisnis UMKM.

Sementara ajang pameran menjadi  showcase, networking dan peluang bisnis dengan lebih dari 60 exhibitor pelaku startup, tools, platform dan berbagai perusahaan yang mempunyai produk untuk menaikkelaskan dan mengembangkan usaha  UKM secara  digital.

"Mereka  akan mendisplay masing- masing produk dan jasa pendukung industri digital kreatif," imbuh Leonard.

Beberapa perusahaan yang hadir antara lain SaaS (Software as a Service) yang menawarkan berbagai aplikasi penunjang bisnis. Hadir pula Makloon yang siap membantu mewujudkan ide dan Ad Network yang membantu mengiklankan bisnis pelaku UMKM digital. Sampai saat ini, tercatat 3.000 orang yang telah mendaftar sebagai pengunjung exhibition.

Lebih dari itu, Leonard menegaskan bahwa IDM22 juga hadir sebagai solusi bagi UMKM berbasis digital yang tetap menghadapi berbagai kendala dalam menjalankan bisnis.

Salah satu kendala yang dihadapi saat ini adalah mayoritas pelaku bisnis UKM umumnya sulit berkembang dengan hanya menjadi penjual di platform marketplace.

"Sehingga, Indonesia Digital MeetUp berperan dalam mengatasi hambatan ini dengan mempertemukan semua pemangku kepentingan dunia UMKM tanah air," kata Leonard.

Rencananya, akan hadir sebagai Keynote Speakers pembukaan IDM22 adalah Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Selain itu, terdapat lebih dari 15 expert dalam dan luar negeri yang akan berbagi kesuksesan dan pengalaman mereka dalam mengembangkan platform bisnis digital.

Beberapa nama expert yang akan menjadi pembicara di sesi conference day antara lain dr. Tirta (Influencer), Yaroslav Zhuliy (MGID), Yudi Hamka (CTO MNC Grup), Akbar Alatas (Haraka), Dewa Eka Prayoga (Billionaire Store). "Sampai saat ini, tercatat 1.500 terdaftar sebagai peserta seminar dan conference," pungkas Leonard. (ANP)