Kawedanan Keprajuritan Keraton Yogyakarta Terima Pendaftaran Prajurit Baru

MUS • Wednesday, 24 Aug 2022 - 13:42 WIB

Yogyakarta - Kawedanan Keprajuritan, divisi yang mengurusi prajurit-prajurit sebagai pengawal budaya di Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat membuka pendaftaran calon prajurit baru. 

Pendaftaran hingga Rabu, 21 September 2022. Syarat utama dari calon prajurit adalah bersedia mengabdikan diri kepada Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, memiliki semangat dalam nguri-uri atau melestarikan kebudayaan khususnya seni keprajuritan, dan diutamakan untuk orang-orang yang telah bergabung dalam Bregada Rakyat (kelompok bregada yang dibuat oleh masyarakat). 

“Pendaftaran calon prajurit baru ini tujuannya untuk memenuhi kebutuhan Abdi Dalem Prajurit yang bertugas di berbagai upacara keraton. Sesuai dengan perkembangan zaman, sistem perekrutan ini kami lakukan secara terbuka, transparan, dan akuntabel melalui proses seleksi administratif serta seleksi keterampilan,” ungkap KPH Notonegoro selaku Penghageng Kawedanan Keprajuritan.

Mengingat kesenian keprajuritan dalam bentuk bregada sudah berkembang di berbagai daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta, Keraton Yogyakarta akan mengutamakan para pendaftar yang sudah memiliki pengalaman sebagai anggota bregada rakyat di daerahnya masing-masing. 

Proses rekrutmen kali ini akan melalui beberapa tahapan di antaranya seleksi administrasi, seleksi fisik, dan seleksi tahap akhir. Semua informasi tahapan seleksi akan diinformasikan kembali kepada calon prajurit yang telah mendaftar melalui kontak yang sudah dicantumkan. Informasi lengkap mengenai pendaftaran calon prajurit Keraton Yogyakarta juga bisa diakses via media sosial resmi Kraton Jogja. (Ron)