Soroti Gaya Hidup Kapolres di Daerah, Komisi III: Bagai Raja-raja Kecil! 

MUS • Wednesday, 24 Aug 2022 - 12:50 WIB

Jakarta - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Fraksi Golkar, Adies Kadir menyoroti perilaku dan gaya hidup Polri masa kini. Dia mengatakan, jajaran Kapolri ke bawah sudah seperti "Raja-Raja Kecil" di daerah masing-masing.

"Kalau kita lihat tingkat bawah Kapolres sudah seperti raja-raja kecil kadang-kadang Komisi III telepon tidak diangkat, WA tidak dibalas. Perilaku-perilaku seperti ini sudah memperlihatkan bahwa barusan jadi Kapolres, Dir sudah susah sekali, perilakunya sudah luar biasa seperti halnya di daerah," kata Adies dalam rapat bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit, Rabu,(24/08/2022).

BACA JUGA: Ferdy Sambo Ajukan Surat Pengunduran Diri dari Polri

Dia juga sempat menyinggung gaya hidup polisi saat ini yang terkesan cukup mewah. Tak jarang istri sang polisi pun turut membagikan kemewahannya melalui akun media sosial.

"Kita lihat juga perilaku istri-istrinya itu pakai tas hermes. Tetapi gaya hidupnya tidak usah diupload-upload sehingga membuat masyarakat nyinyir dan berpikir "oh ternyata begini polri" padahal tidak begitu bapak Sigit, Gatot, Agus, Anang, Kami kenal lama dan biasa-bisa saja," tutur dia.

Adies mengatakan perilaku dan gaya hidup tersebut semakin menambah ketidakpercayaan masyarakat terhadap Polri. Berlarut-larut nya kasus Ferdy Sambo pun kini menjadikan indeks kepercayaan polri menurun hingga 50 persen.

"Pada 24 Januari 2022 kami memuji dan memberikan apresiasi luar biasa kepada polri yang saat itu indeks kepercayaan masyarakat tertinggi di antara lembaga hukum lainnya kita tahu saat itu hampir 80% indeks kepercayaan masyarakat terhadap Polri,” ujarnya.

“Tetapi dengan adanya kasus ini kita tahu bahwa indeks kepercayaan terhadap polri turun di bawah 50% ini menjadi pertanyaan," tambahnya.

Oleh karena itu, perilaku ini yang harus diubah dengan memperlihatkan kekompakan satu institusi agar tidak terkesan terpecah belah di dalam institusi Polri semakin solid dan kuat.

“Masyarakat juga melihat bahwa inilah Polri kita jangan sampai terpecah belah yang akan membuat institusi dikhawatirkan akan semakin terpuruk,"pungkasnya.