Orphan: First Kill, Film Thriller dengan Plot Twist Kurang Ajar

MUS • Tuesday, 23 Aug 2022 - 13:44 WIB

Setelah 13 tahun menanti, fans Orphan (2009) tentu tidak sabar untuk segera menyaksikan prequel dari film bergenre horor, thriller dan misteri ini. Orphan: First Kill menceritakan asal-usul kemunculan gadis bertubuh kecil bernama Esther di tahun 2007 sebelum ia bertemu keluarga Coleman pada film pertamanya di tahun 2009.

Film ini tetap menggunakan pemeran utama yang sama, yaitu Isabelle Fuhrman (Leena Klammer) yang memerankan Esther Albright. Uniknya, karena film ini memiliki latar waktu yang terjadi sebelum film sebelumnya, Fuhrman harus memerankan tokoh Esther yang diceritakan berumur 10 tahun dan tetap terlihat meyakinkan mengingat jarak film pertama dan kedua sangatlah jauh.

Fuhrman berhasil memerankan tokoh wanita berumur 30 tahun yang bertubuh layaknya anak-anak.

Film 'Orphan: First Kill' dibuka dengan adegan Leena Klammer yang berpura-pura menjadi seorang gadis hilang, Esther Albright yang berasal dari sebuah keluarga kaya raya di Amerika Serikat.

Sebelumnya, Leena kabur dari rumah sakit jiwa di Estonia, Eropa Utara.

Sejak adegan awal, Sutrada Film (William Brent Bell) sudah memberikan misteri yang cukup mendalam untuk memulai First Kill. Lewat sudut pengambilan gambar, pencahayaan dan dialog manipulatif Esther, First Kill berhasil membawa kengerian yang sama seperti film sebelumnya.

Ditambah plot dalam film yang terbilang kurangajar karena berhasil membuat penonton shock dengan kenyataan yang sutradara tampilkan, First Kill sangat layak mendapatkan pujian.

Seperti film sebelumnya, Orphan: First Kill masih menyuguhkan adegan pembunuhan kejam yang Esther lakukan sebagai wanita dewasa yang terjebak dalam tubuh anak-anak.

Namun meski memberikan kengerian yang sama, film ini terasa masih kurang nendang dari segi adegan horor yang disajikan. 

Mungkin karena sutradara menyelipkan unsur humor di beberapa adegan, seperti saat ternyata Tricia Albright (Julia Stiles – ibu kandung Esther) memiliki rahasia serta agenda tersembunyi yang justru membuat dua orang itu bekerjasama.

Selain itu masih ada misteri yang belum diungkap dalam film ini, dan kemungkinan bisa menjadi pintu masuk ke film ketiga.

Lalu sebenarnya apa yang disembunyikan Tricia Albright hingga mau bekerjasama dengan Leena Klammer? Bahkan setelah tahu bahwa gadis itu adalah pasien rumah sakit jiwa yang kabur dan mampu membunuh dengan mudah.

Temukan jawabannya dengan menonton ‘Orphan: First Kill’ di bioskop kesayangan kalian ya! (AYN)