5 Tips Memilih Aplikasi Akuntansi Android untuk Perusahaan

ITK • Tuesday, 23 Aug 2022 - 13:17 WIB

Jakarta - [Advertorial] Memilih accounting program yang sering digunakan di perusahaan sering menjadi jalan pintas bagi para pemula di dunia bisnis. Pengetahuan yang masih terbatas mengenai macam-macam accounting program bisa menyebabkan Anda salah pilih dan menimbulkan kerugian bisnis.

Keuangan merupakan salah satu unsur terpenting dalam suatu bisnis. Pengembangan bisnis dapat Anda capai ketika berhasil mengelola keuangan dengan baik melalui pendataan yang tepat. Bayangkan jika Anda harus mencatat, menghitung, hingga mengakumulasi laporan keuangan tanpa menggunakan accounting program, sangat merepotkan bukan?

Tips Memilih Accounting Program untuk Perusahaan

Dari banyaknya jenis accounting program yang sering digunakan di perusahaan, Anda tidak boleh ikut-ikutan tanpa mempertimbangkan kesesuaian aplikasi akuntansi android tersebut untuk perusahaan. Perlu Anda ketahui, accounting program untuk perusahaan terbagi dalam beberapa jenis yang masing-masing memiliki perbedaan sangat signifikan.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan sebuah accounting program yang sering digunakan di perusahaan, pertimbangkan beberapa aspek berikut:

1.      Kesesuaian Jenis Bisnis

Se-populer apapun suatu accounting program di banyak perusahaan, Anda tidak bisa menggunakannya jika perusahaan Anda memiliki jenis yang berbeda. Setiap bisnis memiliki model akuntansi mereka sendiri, misalnya antara perusahaan dagang dengan perusahaan kontraktor. Tentu kebutuhannya berbeda.

Dalam mencari referensi accounting program, pilih perusahaan-perusahaan yang memiliki bidang sama dengan bisnis Anda. Usahakan mengambil nama perusahaan yang sudah mapan dan terkenal memiliki pembukuan akuntansi yang baik.

2.      Kesesuaian Jenis Kepemilikan Bisnis

Dari jenis kepemilikan bisnis, Anda dapat menentukan tujuan pembuatan laporan akuntansi. Contoh, jika perusahaan adalah milik sendiri, maka laporan akuntansi berfungsi sebagai sumber evaluasi pribadi. Untuk tujuan ini, Anda bisa menentukan sendiri kolom apa saja yang perlu menjadi perhatian dalam laporan.

Berbeda jika bisnis Anda bersifat UMKM, Firma, CV, atau perusahaan mitra. Pada tipikal ini, umumnya catatan akuntansi juga berfungsi sebagai laporan pertanggung jawaban antara kedua pihak yang bekerja sama. Oleh karena itu, catatan ini memiliki aturan tertentu yang mendapatkan persetujuan pihak-pihak terkait.

Accounting program UMKM, Firma atau sejenisnya sebaiknya bersifat online. Perangkat yang terhubung dengan jaringan internet memiliki fasilitas berbagi data kepada perangkat lain melalui persetujuan dari kedua pihak. Dengan begitu, proses koordinasi data menjadi lebih mudah, cepat, dan tentunya transparan.

3.      Fitur Back up Data

Accounting program yang ada di Indonesiakini secara umum sudah memasang fitur back up data. Jadi, jika sebelumnya Anda sudah menggunakan accounting program. Anda bisa langsung memindahkan data tersebut ke aplikasi akuntansi android baru dengan sistematis.

Aspek ini penting menjadi pertimbangan karena catatan akuntansi terdahulu tidak   boleh hilang begitu saja. Catatan akuntansi harus menjadi arsip untuk Anda simpan sebagai acuan atas dinamika perkembangan bisnis dari tahun ke tahun.

4.      Ketersediaan Fitur Integrasi

Sebagaimana sudah kita singgung sebelumnya mengenai accounting program online yang memfasilitasi pengguna membagikan data mereka kepada pihak lain yang berhak, fitur integrasi juga berfungsi mengefektifkan kerja setiap divisi dalam satu perusahaan.

Jadi, setiap divisi tidak perlu memiliki aplikasi akuntansi android yang berbeda. Fasilitas ini merupakan salah satu pencapaian teknologi accounting program terbaru yang patut untuk Anda terapkan pada perusahaan.

5.      Biaya Berlangganan

Anggaran biaya berlangganan accounting program juga perlu Anda sesuaikan dengan pemasukan rutin bisnis Anda. Jangan sampai terjadi ‘pasak lebih besar daripada tiang’ hanya karena mengejar kualitas aplikasi akuntansi android sehingga anggaran untuk aspek lain menjadi kocar-kacir.

Umumnya, aplikasi akuntansi android yang sudah umum bagi kebanyakan perusahaan memiliki harga standart, tidak terlalu mahal atau murah. Namun tetap saja, kebutuhan keuangan perusahaan Anda adalah aspek yang paling penting sebagai pertimbangan.

Beberapa pihak developer menyediakan variasi level aplikasi akuntansi android dengan pilihan harga. Fasilitas ini bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk memilih level mana yang menyesuaikan dengan kondisi keuangan perusahaan.

Keuntungan menggunakan accounting program yang sering digunakan di perusahaan

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika memilih memakai accounting program yang sering digunakan di perusahaan daripada aplikasi akuntansi android-aplikasi akuntansi android lain yang kurang populer. Tak perlu khawatir karena tampak ikut-ikutan, karena ini tidak berkaitan dengan kontestasi produk. Cukup fokus pada keuntungan-keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Beberapa keuntungan tersebut yaitu:

1.      Mudah Mendapatkan Testimoni

Keuntungan pertama, karena sudah banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi akuntansi android tersebut, maka tidak sulit bagi Anda untuk mendapatkan testimoni. Sebelum benar-benar menggunakan, Anda juga bisa mencari informasi dahulu seputar aplikasi akuntansi android tersebut, seperti kelebihan, kekurangan, fitur-fitur dan lain sebagainya.

Informasi dari pengguna juga memiliki sudut pandang berbeda dengan penjelasan dari pihak developer aplikasi. Umumnya, calon konsumen lebih mempercayai ucapan testimoni karena lebih natural dan objektif.

2.      Terbukti Memiliki Fitur Memadai

Macam-Macam Accounting program mempunyai fitur berbeda dan menjadi ciri khas  masing-masing. Jika sebuah perusahaan bertahan menggunakan accounting program yang sama selama bertahun-tahun, tandanya fitur tersebut memang cukup memadai untuk laporan akuntansi mereka.

Dengan memilih accounting program yang sudah cukup umum, Anda tidak perlu mengecek kualitas fitur di beberapa merk aplikasi akuntansi android untuk memilih mana yang paling baik. Konsensus dari beberapa perusahaan layaknya sudah cukup sebagai bahan pertimbangan Anda.

3.      Memiliki Branding yang Bagus

Kualitas accounting program yang Anda gunakan secara tidak langsung menunjukkan grade perusahaan. Misalnya Anda menggunakan aplikasi akuntansi android yang memiliki kelas sama dengan milik pesaing, secara otomatis Anda sedang menunjukkan kalau perusahaan Anda memiliki kualitas sama.

Membangun branding perusahaan melalui berbagai aspek juga penting menjadi perhatian. Eksistensi ini tidak hanya tertuju kepada kompetitor, melainkan juga bagi konsumen Anda. Branding yang bagus mengesankan profesionalitas serta kompetensi perusahaan Anda.

4.      Memiliki Harga Standart

Penggunaan accounting program yang umum di banyak perusahaan juga menandakan bahwa harga aplikasi akuntansi android tersebut standart, tidak terlalu mahal atau murah. Yang jelas, sofware tersebut menyediakan kualitas yang sesuai dengan harganya.

Aspek ini memang tidak bisa menjadi patokan mutlak karena banyak juga accounting program gratis. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda tidak membuat patokan pada satu perusahaan saja, melainkan survei ke beberapa perusahaan secara umum.

5.      Memudahkan Integrasi Antar Perusahaan

Hubungan kerja sama antar perusahaan akan lebih mudah terbangun ketika dua instansi memiliki model catatan akuntansi yang sama. Proses integrasi bisa berlangsung dengan mudah tanpa harus menyamakan model data satu sama lain.

Banyak kasus perusahaan terpaksa mengganti accounting program mereka dengan jenis accounting program yang sering digunakan di perusahaan agar integrasi menjadi lebih mudah dengan perusahaan mitra. Kasus tersebut bisa menjadi pembelajaran bagi Anda untuk memprioritaskan aplikasi akuntansi android yang sudah umum.

Demikian ulasan lengkap mengenai accounting program yang sering digunakan di perusahaan yang bisa menjadi pertimbangan bagi Anda untuk memilih aplikasi akuntansi android paling tepat. Dengan accounting program yang sesuai seperti Jurnal by Mekari, Anda bisa menjalankan roda akuntansi perusahaan dengan mudah dan efektif. Tanpa khawatir telat selesai atau terjadi kesalahan.

Salah satu software akuntansi untuk UKM terbaik saat ini adalah Jurnal dimana program ini memiliki beberapa keunggulan. Namun sebelumnya, mari kita bahas terlebih dahulu apakah yang dimaksud dengan 'jurnal'.

Jurnal sendiri merupakan program akuntansi paket yang memiliki fitur lengkap serta saling terintegrasi yang sangat cocok untuk perusahaan kecil dan juga menengah seperti UKM. Software akuntansi untuk UKM ini merupakan sebuah terobosan dan solusi untuk semua tipe bisnis yang anda miliki.

Menariknya lagi, program ini pun tak mahal dan tak akan membuat kantung anda jebol, sehingga cocok bagi anda yang sedang ingin mengembangkan usaha. Tampilan Jurnal Tampilan dari software akuntansi untuk UKM ini pun mudah dan ramah.

Tampilan ini seringkali disebut dengan Jurnal Dashboard yang mana dibuat untuk memberikan efisiensi sekaligus efektifitas untuk bisnis Anda. Jadi, Anda dapat memantau bagaimanakondisi finansial bisnis anda kapan pun dan dimana pun. Dashboard ini didukung oleh Microsoft Word BI yang akan membuat anda mampu melihat tampilan dalam berbagai bentuk grafik seperti grafik batang, pie chart dan garis.

Jurnal by Mekari merupakan software akuntansi android dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Jurnal by Mekari adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis. Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Jurnal by Mekari hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Dengan menggunakan Jurnal by Mekari, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya. Jurnal by Mekari bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet.

Menggunakan software akuntansi ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan. Jadi, Jurnal by Mekari menjadikan pembuatan laporan keuangan perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time.

Menariknya, Jurnal by Mekari telah memiliki keamanan berstandar tinggi, ISO 27001, setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin. Selain itu, Jurnal memiliki banyak fitur di dalamnya seperti:

  1. Fitur pembelian di mana didalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap.
  2. Pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis.
  3. Cash link.
  4. Pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya.
  5. Manajemen Stok Bagaimana

Itulah beberapa fitur yang ada pada software akuntansi android dari Jurnal. Tentu saja kemudahan sangat bisa anda dapatkan dari satu program akuntansi untuk semua kebutuhan bisnis anda. Terlebih sistem sudah dicatat secara otomatis sehingga sangat akurat dan tepat waktu. Jurnal by Mekari juga merupakan penyedia aplikasi akunting yang sangat profesional dengan lebih dari 20.000 pelanggan yang sudah mempercayakan pembelian aplikasi pada Jurnal.

Jika Anda tertarik dengan aplikasi accounting dari Jurnal, tetapi masih belum yakin membeli paket aplikasinya, Anda bisa mencoba program free trial selama 14 hari dari Jurnal yang bisa di unduh secara gratis. Informasi yang lengkap mengenai detail, layanan, jasa dan lain sebagainya mengenai Jurnal ini, anda dapat menghubungi kami di Jurnal by Mekari. (*)