BAZNAS Bersinergi Kelola Sedekah Konsumen Alfa Group

ANP • Monday, 22 Aug 2022 - 20:29 WIB

JAKARTA - Dalam rangka memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk bersedekah, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bersama Alfamart, Alfamidi, LAWSON, dan DAN+DAN melakukan kerjasama Pengelolaan sedekah Konsumen. 

Peluncuran program tersebut diselenggarakan di Kantor BAZNAS, Jakarta, Senin (22/8). Turut hadir Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA, Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Dr. H. Solihin SH., MH., C. Med.

Dalam sambutannya Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA mengatakan, kerjasama ini memudahkan masyarakat yang ingin memberikan sedekah kemanusiaan dengan memanfaatkan sisa uang kembalian saat berbelanja di Alfamart, Alfamidi, Lawson, dan DAN+DAN. 

"BAZNAS berkomitmen melahirkan berbagai inovasi dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk membantu sesama, salah satunya melalui program ”Belanja Sambil Sedekah“ di seluruh jaringan gerai Alfa Group," Baznas juga bertanggung jawab penggunaan sedekah konsumen ini akan dimanfaatkan sebaiknya dengan tepat sasaran dan tranparan dengan prinsip 3 aman : aman Syari, aman regulasi, aman NKRI, ujarnya.

Noor menambahkan, kerjasama ini diharapkan dapat mendorong meningkatnya pengumpulan sedekah dari para konsumen di Indonesia, sehingga manfaatnya dapat dirasakan  para fakir miskin melalui berbagai bidang kemanusiaan dan pendayagunaan oleh BAZNAS bekerjasama dengan mitra-mitra terpecaya yang ditunjuk seperti Lazis Muhammadiyah, Lazis NU dan lain-lain. 

Sementara itu, Solihin mengatakan, melalui kerjasama ini yang melibatkan seluruh gerai Alfa Group yang tersebar di Indonesia, tentunya akan memudahkan dan semakin banyak menjangkau masyarakat yang ingin memberikan sedekah kemanusiaan bagi masyarakat yang membutuhkan. 


“Kami mengajak pelanggan untuk membantu sesama yang membutuhkan. Melalui program Sedekah Kemanusiaan ini, pelanggan bisa memberikan sebagian uang kembalian saat berbelanja.  Jadi memberikan amal bisa dilakukan dengan mudah di gerai-gerai terdekat Alfa Group," ujar Solihin. 

BAZNAS akan mengelola dan menyalurkan donasi konsumen Alfamart dan DAN+DAN yang dihimpun pada periode 1 September 2022 hingga 31 Desember 2023, untuk Alfamidi dan Lawson mulai 1 Januari - 31 Desember 2022

Melalui kerja sama ini, Alfa Group berharap, semakin banyak masyarakat yang bersedia memberikan bantuannya untuk membantu sesama, dan hasilnya bisa memberi manfaat yang besar bagi mereka membutuhkan. (ANP)