17 Data Pelanggan Diduga Bocor, Kominfo Panggil Manajemen PLN

MUS • Sunday, 21 Aug 2022 - 14:55 WIB

Jakarta - Menanggapi dugaan penyebaran data pribadi pelanggan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) secara tanpa hak, Direktorat Jenderal Aptika, Kementerian Kominfo telah melakukan pemanggilan terhadap manajemen PLN pada hari Sabtu, 20 Agustus 2022 untuk meminta keterangan atas dugaan kebocoran data tersebut.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel A. Pangerapan mengatakan, PLN sedang melakukan evaluasi berkelanjutan terhadap sistem keamanan siber PLN, dan di saat bersamaan juga meningkatkan sistem pelindungan data pribadi pelanggannya. 

"PLN juga menyampaikan bahwa sistem operasional teknologi informasi PLN masih dalam kondisi aman dan pelayanan masyarakat tetap berjalan dengan baik," kata Semuel. 

Upaya peningkatan keamanan sistem pelindungan data pribadi PLN juga tengah dilakukan bersama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). 

"Kementerian Kominfo telah menyampaikan rekomendasi teknis kepada PLN guna meningkatkan pelindungan data pribadi pelanggan PLN. Selanjutnya, Kementerian Kominfo akan terus mereview pemenuhan kewajiban PLN terhadap ketentuan pelindungan data pribadi yang berlaku serta kewajiban lain yang terkait sesuai peraturan perundang-undangan," pungkas Semuel. 

​​​