Ibu Ibukota Awards 2022, Tampilkan 62 Tokoh Inspiratif yang Kolaboratif di Jakarta

FAZ • Saturday, 20 Aug 2022 - 08:44 WIB

Jakarta - Ibu Ibukota Awards (IIA) 2022 mempertemukan kembali 62 sosok perempuan penggerak tahun 2019-2021. Mengangkat tema #BertemuKembali, para sosok yang selama ini menemani tumbuhnya gerakan #AksiHidupBaik diberikan ruang lebih luas untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak

Penggagas IIA, Fery Farhati, istri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, mengatakan, gerakan para sosok Ibu Ibukota di setiap tahun terus berkembang dan semakin luas dampaknya. Kegiatan kolaborasi ini terbuka untuk berbagai pihak yang ingin bekerja sama dengan IIA dan digelar sepanjang Agustus hingga September 2022.

"Kami sangat berharap manfaat dari gerakan #AksiHidupBaik para sosok ini bisa dirasakan oleh semakin banyak pihak. Agar Ibu Ibukota mendapatkan ruang untuk berbagi ilmu dan keterampilan," kata Fery dalam acara Menuju Ibu Ibukota Awards 2022 yang digelar di Rumah Dinas Gubernur DKI Jakarta, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat 19 Agustus 2022.

Fery menambahkan bahwa IIA terbuka dengan berbagai bentuk ajakan kerja sama dari masyarakat, media, komunitas, maupun swasta. Bentuk kolaborasi yang bisa melibatkan sosok Ibu Ibukota diantaranya pelatihan/lokakarya, bincang inspiratif, ataupun proses kreatif lainnya seperti pembuatan ilustrasi, komik, pemotretan, video musik, dan lain sebagainya.

"Oleh sebab itu, Ibu Ibukota mengajak semua pihak untuk mengirimkan rencana kolaborasi di bulan Agustus-September 2022 ke email kontak@ibuibukota.id. Mari kita bersama hadirkan kembali semangat kolaborasi dengan ambil bagian di Ibu Ibukota Awards 2022," kata Fery.

Anies Baswedan memberikan materi

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang dikenal sebagai sosok pemimpin dengan semangat kolaborasi, turut serta memberikan materi keterampilan mentorship kepada para sosok Ibu Ibukota.

"Kelas Bicara dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama diisi dengan materi public speaking yang dibawakan oleh Hilbram Dunar, lalu dilanjutkan dengan materi kolaborasi cerdas yang dibawakan oleh Marulina Dewi. Kelas Bicara mendorong setiap sosok untuk semakin terampil dalam bercakap dan berkolaborasi dengan berbagai pihak sebagai upaya memperluas gerakan #AksiHidupBaik," kata Fery.

Sementara itu, Hilbram Dunar sebagai salah satu pengajar BEKALI mengungkapkan bahwa melalui kelas Binar, sosok Ibu Ibukota melanjutkan kegiatan Belajar Kembali (BEKALI). Kelas ini juga merupakan rangkaian akhir dari BEKALI.

Setiap sosok berkesempatan untuk mempelajari tentang etiket dan citra personal dalam melaksanakan #AksiHidupBaik. Kelas Binar didampingi oleh dua mentor yang handal, yaitu Alfia Wardah dan Iwet Ramadhan.