Startup Properti dan Konstruksi Kabina Dapatkan Pendanaan Awal dari East Ventures

MUS • Thursday, 18 Aug 2022 - 12:36 WIB

Jakarta - Kabina, startup properti dan konstruksi di Indonesia, meraih pendanaan tahap awal (seed funding) yang dipimpin East Ventures dan beberapa angel investor terkemuka, serta Sandra Dewi yang berperan sebagai brand ambassador dari Kabina. 

Dana ini akan fokus digunakan untuk pengembangan produk dan ekspansi, serta investasi pada peralatan demi berkelanjutan Kabina di industri ini.

Founder dan CEO Kabina, Fred Moeis mengapresiasi investasi East Ventures untuk membantu perusahaan menghadirkan inovasi dan solusi konstruksi ke pasar.   

“Kami percaya investasi ini serta dukungan dari East Ventures akan mempercepat misi kami dalam terus menghadirkan inovasi dan solusi konstruksi berkelanjutan ke pasar. Kami semangat untuk bekerja sama dengan ekosistem East Ventures yang kuat dan merevolusi industri konstruksi dan properti di Indonesia,” kata Moeis di Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Memiliki pengalaman yang luas di industri konstruksi dan properti di sepanjang karirnya sebagai desainer, Fred menyadari terdapat sejumlah tekanan yang dihadapi para pemain lokal di industri ini. Terutama yang terkait dengan inefisiensi biaya dan estimasi waktu. Selain itu, rendahnya kesadaran dan komitmen dalam meminimalkan dampak negatif lingkungan, seperti penggunaan peralatan yang boros energi secara terus-menerus.

Partner East Ventures, Avina Sugiarto mengatakan, bergabungnya Kabina ke dalam ekosistem East Ventures, akan semakin memperkuat sector proptech dalam mendemokratisasikan indukstri konstruksi dan properti di Indonesia dengan bahan dan proses yang efisien dan berkelanjutan.

Didirikan pada tahun 2020, Kabina hadir sebagai solusi atas permasalahan yang ada. Kabina percaya bahwa berbagai tantangan itu dapat diminimalisir atau bahkan dihilangkan, melalui integrasi solusi berbasis teknologi dalam proses konstruksi dan pengembangan properti. 

Kabina menyederhanakan proses konstruksi dengan memanfaatkan modularitas, pra-fabrikasi, dan menggunakan bahan utama kayu yang bersumber dari hutan yang dikelola secara lestari & tersertifikasi oleh FSC (Forest Stewardship Council). Berbagai teknik dan pendekatan penyederhanaan ini berfungsi sebagai solusi inovatif yang membuka peluang untuk menghemat biaya secara signifikan, serta meminimalkan limbah, dan konsumsi air dan energi.

Pandemi telah mengakibatkan pergeseran kebutuhan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk di industri konstruksi dan properti. Kabina memastikan kombinasi yang seimbang dari berbagai elemen penting dan kebutuhan pelanggan dalam menghadirkan solusinya. 

Terkait dengan klaster perumahan, Kabina menciptakan struktur yang multi fungsi sehingga memungkinkan para pelanggan dapat dengan mudah menyesuaikan dan merekonstruksi struktur bangunan berdasarkan kebutuhan yang berbeda. (KEV)