Rayakan 17 Agustus, Saga Gelar Upacara Dan Perlombaan Serentak Di 11 Kota

ANP • Wednesday, 17 Aug 2022 - 16:18 WIB

BEKASI - Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, itulah yang menjadi Tema besar Hut RI ke 77 yang jatuh pada Rabu (17/8). Sahabat Ganjar yang merupakan relawan Ganjar penuh dengan inovasi ini, turut merayakan hari jadi Bangsa Indonesia di 11 Kota berbeda se-Indonesia.

Adapun beberapa kota dan kabupaten yang melaksanakan upacara dan perlombaan kali ini antara lain, Kota Bekasi, Kabupaten Kuningan, Kota Palembang, Kabupaten Gowa, Kabupaten Muaro Jambi, Kota Semarang, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Tulang Bawang, Kabupaten Bojonegoro Kota Palangkaraya, sampai Kota Jakarta Barat.

Pada perayaan agustusan kali ini, Ketua Umum DPP Sahabat Ganjar, Gus Nahib yang hadir pada perayaan Hut RI ke 77 di Kota Bekasi ini mengungkapkan, seluruh Bangsa Indonesia harus tetap bersemangat untuk menjaga apa yang sudah diperjuangkan bangsa Indonesia.

“Mari kita menjaga semangat juang kepahlawan sejak revolusi hingga reformasi kini, meskipun banyak rintangannya. Negara Kesatuan Republik Indonesia masih banyak ancaman dan tantangan serta perpecahan. Selain itu, tindakan KKN masih menjadi praktek yang seringkali terjadi. Maka dari itu penting bagi kita untuk memilih pemimpin yang tepat sebagai bentuk kepekaan kita melihat perkembangan negara ini untuk maju.” ujar Gus Nahib.

Gus Nahib juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk bangkit sesuai dengan tema perayaan 17an kali ini.

"Sudah 2 tahun lebih, segala aspek kehidupan kita terganggu karena Covid-19. Ayo, kita pulih bersama dan kembali bangkit dengan sangat kuat untuk bangsa Indonesia," tegas Gus Nahib.

Selain itu, Kabupaten Kuningan yang berada di Provinsi Jawa Barat juga menggelar upacara bendera serta melakukan beberapa perlombaan.

Pada kesempatannya, Kamila selaku perwakilan DPW Jawa Barat memberikan amanat saat sedang melakukan upacara.

“Sebagai masyarakat Indonesia, kita harus menggunakan asas kebersamaan dan gotong royong dalam membangun kemajuan Indonesia seperti yang telah tercermin dari bapak Ganjar Pranowo. Gotong royong menjadi akar dari kebudayaan Indonesia yang merupakan wujud harmoni kebersamaan tanpa memandang ras, suku dan agama.” ujar Kamila.

Perayaan semakin meriah saat kegiatan dilanjutkan dengan lomba HUT RI ke-77. Sahabat Ganjar menyediakan beberapa jenis perlombaan seperti lomba kelereng, lomba balap karung, lomba memasukan paku ke botol, lomba oper tepung, lomba tarik tambang, hingga lomba panjat pinang. 

Kegiatan ini menjadi sarana bagi Sahabat Ganjar untuk menumbuhkan kembali jiwa gotong royong dan juga jiwa nasionalisme serta cinta tanah air. 

Seluruh kegiatan berlangsung tertib dan meriah disertai dengan kekompakkan dukungan masyarakat terhadap Ganjar Pranowo dan seluruh rangkaian kegiatan HUT RI ke-77 ini. 

Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama dengan para pemenang lomba serta seluruh panitia pelaksanaan kegiatan. Diharapkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini akan menjadi titik balik semangat perjuangan rakyat Indonesia untuk lebih baik. (ANP)