Rekor! ITPLN Luncurkan 6 Prodi Baru Sekaligus

FAZ • Tuesday, 16 Aug 2022 - 21:52 WIB

Jakarta - Perkembangan zaman saat ini membutuhkan dukungan dari sektor energi berkelanjutan. Untuk menjawab tantangan itu, Institut Teknologi PLN (ITPLN) meresmikan 6 (enam) program studi baru dari 4 fakultas yang ada. Acara peluncuran berlangsung Selasa, (16/8/2022) di Ruang Teater Pembangkit, Lt. 2 ITPLN.

Acara tersebut dihadiri antara lain oleh Kepala LLDIKTI III; Paristiyanti Nurwardani, Ketua harian YPK PLN; Djoko Paryoto, Rektor ITPLN Prof Iwa Garniwa beserta jajarannya, Dirut PLN Enjiniring Bapak Didik Sudarmani, GM PT PLN Pusertif Bapak Septa Hamid, GM PLN Puslitbang Bapak Iswan Prahastono, EVP HCM PT Haleyora Power Ibu Ati Sri Suryati, Manager PLN UP3 Bapak Faisal Risa, Perwakilan PT PLN Pusdiklat Bapak Budi, serta sivitas akademika ITPLN yang menyaksikan secara daring melalui youtube ITPLN.

Dalam sambutannya, Ketua harian YPK PLN Djoko Paryoto menyampaikan harapan kepada program-program studi yang baru diresmikan. “Selamat kepada sivitas akademika ITPLN, semoga program studi baru ini dapat membawa manfaat untuk bangsa Indonesia,” ucap Djoko.

Sementara itu, Kepala LLDIKTI III Paristiyanti Nurwardani menyebut peresmian ini sebagai momen bersejarah, karena untuk pertama kalinya 6 program studi baru diluncurkan dalam waktu bersamaan. Ini membuktikan bahwa ITPLN memang perguruan tinggi yang unggul dalam bidang energi.

Ia juga menilai keenam program studi yang baru diluncurkan ini merupakan program studi spesial, karena spesifik dalam bidang teknik ketenagalistrikan atau energi terbarukan.

“Keenam program studi ini merupakan bukti kuatnya ITPLN dalam bidang ketenagalistrikan, dan dengan adanya program studi baru ini dapat menjadi magnet bagi ITPLN untuk kedepannya menciptakan tenaga-tenaga terampil di bidang teknik ketenagalistrikan dan energi terbarukan," ujar Paristiyanti.

Sementara Rektor ITPLN Prof. Iwa menyampaikan, prodi baru ini dihadirkan untuk menjawab kebutuhan tenaga terampil di masa mendatang. Ia memprediksi kebutuhan tenaga terampil di bidang ini akan mencapai 15.000 orang pertahun.

Potensi itu dijawab ITPLN dengan menyiapkan SDM yang mumpuni sejak dini.

“Semua program studi baru di ITPLN, baik sistem informasi, geografi/sipil, bisnis energi, dan sistem energinya berfokus ke bidang teknik ketenagalistrikan dan juga energi terbarukan," ujar Prof. Iwa.

Dalam peluncuran ini, masing-masing dekan diberi kesempatan presentasi untuk memperkenalkan program studi barunya. ITPLN juga mengumumkan tampilan website baru dari http://www.itpln.ac.id

Adapun keenam Program Studi baru tersebut adalah:

1. S1 Kewirausahaan/ Bisnis Energi, Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi

2. S1 Teknik Industri, Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi

3. S1 Sistem Informasi, Fakultas Telematika Energi

4. S1 Teknik Tenaga Listrik, Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan

5. S1 Teknik Sistem Energi, Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan

6. S1 Geografi/ Pengembangan Wilayah, Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan

Saat ini ITPLN juga memberikan beasiswa BP3 sampai dengan 50% bagi yang mendaftar pada prodi baru.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat di website http://infopmb.itpln.ac.id/