77 Pemuda Jawa Timur Akan Kibarkan 77 Bendera Merah Putih di Gunung Arjuno

MUS • Monday, 15 Aug 2022 - 17:57 WIB

Surabaya - Sebanyak 77 pemuda dari berbagai unsur dan tergabung dalam Tim Ekspedisi Gunung Arjuno diberangkan secara resmi oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dari halaman Gedung Negara Grahadi.

Tim ini dibentuk oleh Dinas Kehutanan Jawa Timur untuk mengibarkan 77 Bendera Merah Putih di Gunung Arjuno  yang merupakan salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3339 mdpl.

Jumadi, Kepala Dinas Kehutanan Jawa Timur menyampaikan bahwa misi pengibaran Bendera Merah Putih di Gunung Arjuno selain untuk memperingati HUT RI Ke 77 juga untuk semakin mengenalkan Gunung Arjuno yang telah ditetapkan UNESCO sebagai Cagar Budaya Biosfer.

"Pendakian ini selain untuk menginspirasi semangat para pemuda juga untuk lebih mengenalkan Gunung Arjuno yang telah menjadi Cagar Budaya Biosfer," ujar Jumadi.

Pendakian yang akan dilakukan oleh 77 pemuda tersebut yang berasal dari berbagai elemen seperti organisasi masyarakat, mahasiswa, media, pelaku industri pariwisata, perwakilan perempuan dan ASN di lingkungan Pemprov Jatim akan mengibarkan Bendera Merah Putih  di Puncak Ogal Agil pada tanggal 17 Agustus mendatang. Selain itu ekspedisi ini juga akan melakukan penghijauan dengan menanam pohon cemara.

"Tidak hanya mengibarkan bendera, ekspedisi ini juga akan melakukan penghijauan dengan menanam pohon cemara dan juga melakukan pembersihkan sampah di sekitar puncak Gunung Arjuno," lanjut Jumadi.

Sementara itu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa  berpesan agar para pemuda tersebut tetap bersemangat untuk mendaki gunung tertinggi  ke 2 di Pulau Jawa yang diharapkan bisa menginspirasi generasi muda akan semangat mereka berjuang demi Merah Putih berkibar di Gunung Arjuno.

"Tetap bersemangat agar apa yang kalian lalukan bisa menjadi contoh anak muda yang lain dalam menjaga NKRI  dan menjaga Merah Putih tetap berkibar di Bumi Indonesia," ujar Khofifah.

Khofifah juga mengajak masyarakat mendoakan para pendaki tersebut agar mereka selamat dan dimudahkan dalam mengibarkan 77 Bendera Merah Putih di Puncak Ogal Agil Gunung Arjuno. (Her)