Dukung Tri Dharma Perguruan Tinggi, Polimedia Kerjasama dengan PRBB-BRIN

ANP • Tuesday, 9 Aug 2022 - 17:13 WIB

Jakarta – Polimedia dengan Pusat Riset Biomassa dan Bioproduk Badan Riset dan Inovasi Nasional (PRBB-BRIN) melaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama. Acara ini dihadiri langsung oleh Direktur Polimedia, Tipri Rose Kartika, dan Kepala Riset Bimasa dan Bioproduk, Akbar Hanif Dawam. Kegiatan hari ini terlaksana sebagai tindak lanjut kunjungan dan penjajakan kerjasama ke PRBB-BRIN tempo hari lalu, dengan harapan terciptanya kolaborasi dalam mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat serta dalam rangka mewujudkan Indikator Kinerja Utama (IKU) baik dari Polimedia maupun PRBB-BRIN.

“Melalui kerjasama ini harapannya adalah tercipta kolaborasi dalam mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta terwujudnya Indikator Kinerja Utama baik dari Polimedia maupun dari PRBB-BRIN”, tutur Tipri.

Kerjasama ini dilakukan pada bidang pendidikan khususnya untuk magang mahasiswa di pusat riset BRIN dan kolaborasi dukungan sarana prasarana dalam penyelenggaraan Pendidikan dan Visiting Research untuk Dosen dan lain-lain. Karena Polimedia memiliki kekuatan dalam jurusan teknik grafika, banyak sekali yang telah kita hasilkan khususnya pada bidang riset, baik bidang inovasi maupun prototipe.

Selanjutnya kolaborasi di bidang riset, berharap ke depan dapat membangun pusat kolaborasi riset yang sangat spesifik seperti bidang grafika dan kemasan yang belum pernah dibuat politeknik/perguruan tinggi lain.  Dari kolaborasi riset ini, tentunya diharapkan menghasilkan output yang kongkret, memiliki banyak paten yang bernilai jual untuk memecahkan berbagai persoalan bangsa, dan terjadi percepatan kegiatan riset sehingga percepatan kegiatan inovasi yang ada di masing-masing antara BRIN dan Polimedia dapat lebih terakselerasi.  Proses riset ini dilakukan dengan sharing fasilitas di BRIN maupun di Polimedia yang selanjutnya harus melalui tahap diskusi terkait kebutuhan dalam kegiatan riset.

“Polimedia dan BRIN masing-masing memiliki periset yang prosesnya dilakukan melalui sharing fasilitas apa yang tersedia di BRIN maupun di Polimedia, kemudian mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan dalam riset tersebut, tujuannya BRIN dan Polimedia akan membangun pusat kolaborasi riset terkhusus dalam ilmu ke grafikaan ”, tegas Akbar.

Semoga dengan adanya kerjasama pusat riset BRIN ini, inovasi dan riset para akademisi Polimedia dapat terhubung ke dunia industri dan tercapainya visi misi Polimedia menjadi kampus yang unggul dan terkemuka di Asia. (ANP)